AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Pattimura Ambon, akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an mahasiswa tingkat nasional XVII yang akan diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang.

Humas Unpatti dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (1/11) menjelaskan, ke-14 mahasiswa tersebut, selasa (31/10) kemarin dilepas oleh Rektor Unpatti MJ Sapteno di ruang senat Unpatti.

Rektor saat melepas para peserta MTQ mahasiswa tingkat nasional tersebut mengatakan,  14 mahasiswa terbaik ini akan mewakili Unpatti dalam 6 mata lomba. Untuk itu ia berpesan, agar para peserta dapat berlomba dengan sungguh-sungguh, sehingga hasil yang dicapai juga maksimal.

“Mulailah segala sesuatu dengan doa dan persiapkanlah diri dengan baik. Saya berharap diakhir masa tugas saya, Kontingan MTQ Unpatti dapat mempersembahkan medali sebagai kado istimewa bagi saya dan kita semua. Karena ini terakhir saya sebagai rektor melepas kontingen MTQ,” tulis Humas Unpatti mengikuti ucapan rektor.

selain juara kata rektor, yang terpenting dalam momentum ini adalah, bagaimana meningkatkan dan mengaktualisasi nilai-nilai dan pemahaman terhadap Al Qur’an dikalangan mahasiswa, serta untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah melalui budaya membaca Al Qur’an serta membangun rasa persaudaraan.

Baca Juga: Uji Publik Retribusi TPI, Libatkan 100 Nelayan

Sebelumnya, Ketua Panitia Yunus Rahawarin dalam laporannya mengatakan, perlombaan tersebut akan berlangsung 3-10 November 2023.

14 peserta dari Unpatti akan mengikuti 6 mata lomba, yaitu Debat Ilmiah Kandungan Qur’an Bahasa Inggris, Fahmil Qur’an, Khaththil Qur’an Kontemporer, Syarhil Qur’an, Tartil Qur’an dan Tilawatil Qur’an.

“Kita tentu berharap peserta dapat mengharumkan nama Unpatti, sekaligus bisa menjadi agen perubahan bagi mahasiswa lainnya, baik dari sikap dan perilaku, serta menjaga nilai-nilai persudaraan dan dapat memberikan iklim yang positif dalam pergaulan antar sesama,” harap Rahawarin.(S-25)