DOBO, Siwalimanews – Empat dari tujuh korban yang terombang ambing selama 15 hari di Laut Tanimbar Selatan, akhirnya ditemukan di Laut Arafura Selatan, Jumat (29/3).

Ketujuh korban g yang hanyut sejak 13 Maret 2024 saat menuju Desa Wowonda, Kecamatan Tanimbar Selatan yakni, Yeremias Takndare (40), Yahanes Salway (26), Alowsya Matruty (14), Nobertha Sakliresi (14), Devota Salken (14), Kristina Sakliresi (14) dan Yufita Takndare (22).

Namun, dalam kondisi terombang ambing selama 15 hari di lautan akibat perahu ketinting mereka mengalami kerusakan ditengah lautan dengan cuaca ekstrim, akhirnya tersisa empat orang yang berhasil ditemukan, namun tiga diantarannya dalam keadaan selamat sedangkan satunya meninggal dunia.

Keempat korban ini ditemukan oleh KM Lautan Berlian 06 di Laut Arafura bagian Selatan, Perairan Pulau Eno sekitar pukul 15.20 WIT. Tiga korban yang selamat adalah, Yahanes Salway (26), Alowsya Matruty (14), Kristina Sakliresi (16), yang meninggal dunia atas nama Nobertha Sakliresi (14).

“Untuk sisa tiga penumpang lainnya itu sesuai informasi dari korban selamat kepada nakhoda KM Lautan Berlian 06 bahwa mereka telah meninggal dan jasadnya dengan keadaan terpaksa mereka tenggelamkan, sebab kemungkinan sudah bau,” ungkap Kepala BPBD Aru Berthy Imuly kepada Siwalimanews di Dobo, Sabtu (30/3).

Baca Juga: Hakim Vonis Terdakwa Cabul 5 Tahun Penjara

Menurut Imuly, pihak BPBD menerima informasi penemuan korban tersebut sekitar pukul 18.30 WIT, informasi tersebut kemudian pihaknya berkoordinasi dengan pos SAR Dobo, Syahbandar Perikanan Dobo dan TNI/Polri, Upp Kelas III Dobo guna melakukan evakuasi.

Berdasarkan hasil koordinasi, kapal patroli milik KPLP Tual yang sementara berlabuh di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo dipakai tim evakuasi pada titik koordinat yang diberikan KM Lautan Berlian 06 yakni di sekitar Perairan Desa Ngaibor, Kecamatan Aru Selatan.

Tim evakuasi terdiri dari tim kesehatan, personel BPBD, personel pos SAR Dobo, dan personel Satpolairud yang bertolak dari Pelabuhan Dobo menuju titik koordinat penjemputan pukul 22.00 WIT. Sekitar pukul 08.00 WIT tim evakuasi berhasil mengevakuasi 3 korban selamat dan satu jenazah dari KM Lautan Berlian 06 ke kapal Patroli KPLP.

“Korban selamat langsung mendapat penanganan medis awal berupa infus dan penanganan medis lainnya. Ketiga korban selamat dan satu jenazah kemudian di evakuasi ke Pelabuhan Yos Sudarso Dobo,” ucapnya.(S-11)