AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 14.920 dosis Vaksin Sinovac tambahan bagi Provinsi Maluku yang sempat tertunda pengirimannya, kini telah tiba di Ambon, Sabtu (23/1).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Maluku Dony Rerung mengaku, ribuan dosis vaksin tambahan ini tiba dengan menggunakan pesawat Garuda di Bandara Pattimura Ambon pukul 08.00 WIT.

“Ribu dosis vaksin ini kemudian dibawah menuju ke gudang farmasi milik Dinkes Maluku di kawasan Karang Panjang dengan pengawalan dari personel Brimob Polda Maluku,” ujar Rerung saat dikonfirmasi Siwalimanews, Sabtu (23/1).

Dijelaskan, dengan kedatangan vaksin tambahan ini, maka akan digabungkan dengan vaksin yang sudah ada terlebih dahulu, untuk kemudian akan didistribusikan oleh Satgas Covid Maluku ke 11 kabupaten/kota pada, Senin (25/1).

”Hari Senin kita distribusikan untuk kabupaten terdekat lebih dulu yakni Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah,” jelas Rerung

Baca Juga: Pengiriman Vaksin Tambahan ke Maluku Ditunda

Sedangkan untuk pendistribusian vaksin ke kabupaten/kota lainnya, saat ini satgas sementara melakukan koordinasi dengan beberapa maskapai penerbangan yang memiliki rute penerbangan ke kabupaten/kota yang dituju.

”Kita lagi sementara koordinasi dengan pihak maskapai untuk disesuaikan dengan rute penerbangan. Contohnya, kalau ke Malra penerbangan ada hari Selasa atau Rabu ya kita sesuaikan pengirimannya dengan jadwal penerbangan, seperti itu,” tandas Rerung. (S-39)