AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 1.483 siswa yang terdiri  714 siswa SD, 505 siswa SMP dan 264 siswa SMA, mengikuti olimpiade sains se-Maluku yang berlangsung di Auditorium Universitas Pattimura Ambon, Selasa (9/3).

Olempiade sains yang digelar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) ini akan berlangsung hingga 1 April mendatang.

Ketua Panitia pelaksana kegistsn Handy Leimena menjelaskan, kompetisi sains ini digelar guna membangkitkan minat siswa dibidang sains.

“Para siswa yang ikut kompetisi ini sudah pasti merasakan bagaimana berkompetisi, guna memberikan rangsangan kepada mereka bersaing mendapatkan hasil yang terbaik,” ujar Leimena kepada wartawan disela-sela kegiatan itu.

Bidang sains yang dilombakan dalam kompetisi ini kata Leimena, untuk SD terdiri dari IPA dan Matematika, sementara SMP, Fisika, Matematika dan Biologi dan pada tingkat SMA yakni Matematika, Fisika, Komputer, Statistika, Astronomi, Kebumian, Biologi dan Kimia.

Baca Juga: Tomia: Seluruh Kader Harus Tunduk Pada Putusan MPG

Penyaringan untuk pemenang disaring nilai tertinggi dari ranking, kemudian dari total peserta alokasinya sekitar 20 persen, sehingga jumlah yang masuk ke babak berikutnya agak banyak.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Unpatti Fredy Leiwakabessy menaruh harapan besar pada pelaksanaan kompetensi sains ini guna melakukan pembinaan kepada anak-anak.

“Kita ingin anak-anak ini dibina untuk melaksanakan kompetisi, indikator kualitas terlaksana dalam berbagai macam kompetisi yang tentunya mendapatkan sebuah hasil yang maksimal ,” ujarnya

Sesuai dengan visi besar pendidikan di Indonesia kata Leiwakabessy, tentunya yang diinginkan untuk mewujudkan masyarakat dan SDM yang berkualitas, berdaulat, mandiri dan memiliki karakter pelajar Pancasila.

“Untuk mewujudkan apa yang kita kenal sebagai cita-cita bangsa dengan mewujudkan masyarakat yang mandiri dan memiliki karakter pelajar Pancasila, tentu saja dengan kompetisi ini akan lahir manusia yang ingin untuk belajar positif, kritis dan memiliki masa depan yang baik,” tandasnya. (S-21)