AMBON, Siwalimanews – Sekolah Polisi Ne­gara (SPN) Ke­poli­sian Daerah Maluku menggelar yudi­si­um terhadap 177 orang siswa Diktuba Polri gelombang ke-II Tahun 2022.

Yudisium yang di­gelar di aula SPN Polda Maluku, Pas­so, Kota Ambon, Selasa (20/12), ini di­pimpin langsung oleh Kapolda Ma­luku, Irjen Lotharia Latif.

“Saya ingin 177 orang diterima sebagai siswa dan 177 orang juga yang dilantik besok dalam keadaan selamat untuk melaksanakan tugas di Polda Maluku,” pinta Kapolda Maluku dalam sambutannya.

Selama kurang lebih lima bulan ra­tusan siswa Diktuba Polri 2022 ini men­jalani proses pendidikan di SPN Polda Maluku. “Pelaksanaan pendidikan se­gera berakhir dengan akan dilak­sanakannya penutupan pada 21 Desember 2022, di mana kalian semua akan dilantik menjadi anggota Polri,” katanya.

Ratusan siswa Diktuba Polri ter­sebut akan diangkat dan disumpah untuk siap bertugas, berbakti ke­pada masyarakat dengan meme­lihara Kamtibmas. Mereka juga akan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan ke­pada masyarakat. Juga akan menegakkan hukum di seluruh wilayah Polda Maluku.

Baca Juga: Warga Binaan Diminta Instospeksi Diri

“Bersyukurlah atas apa yang su­dah kalian capai, karena tidak semua orang bisa duduk di tempat ini, dan mempunyai kesempatan yang sama dengan kalian,” pintahnya.

Kapolda meminta para siswa Dik­tuba Polri untuk memprak­tekkan se­mua ilmu kepolisian yang telah dite­rima di SPN Polda Maluku, bila telah diterjunkan ke tengah masyarakat.

“Jangan lakukan pelanggaran, jaga selalu nama baik institusi, jangan menjadi polisi yang arogan, tetapi jadilah polisi yang humanis dan dicintai oleh masyarakat,” pinta Kapolda meningatkan.

Kepada calon-calon Bintara, Ka­polda juga berharap mereka dapat menjadi petarung yang siap ditem­patkan dimanapun di wilayah Maluku. “Jadilah petarung dalam mence­gah kejahatan dan gangguan kam­tibmas dan siap untuk melayani dan melindungi masyarakat di se­mua wilayah Maluku, jangan jadi ayam sayur yang cengeng dan mudah menyerah serta tidak siap untuk ditempatkan di semua wilayah Maluku,” pintanya.

Apresiasi juga diberikan Kapol­da Maluku kepada Dekan FKIP Universitas Pattimura Ambon, Dekan Fa­kultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon, Dekan Fakultas Ilmu Pen­didikan Kristen IAKN Ambon, yang telah bekerja sama serta mem­bantu memberi­kan pelatihan bagi para Pendidik dan siswa Bintara Polri. “Pelatihan yang diberikan ter­sebut sangat berguna untuk meni­ngkatkan kemampuan tenaga pen­didik agar dapat maksimal dalam memberikan ilmu kepada para siswa yang dididik, serta kemam­puan komputer seba­gai bekal bagi siswa di bidang IT,”  ujarnya.

Ia berharap, semoga kerjasama yang terbangun tersebut dapat tetap terjaga dan terjalin dengan baik.(S-10)