AMBON, Siwalimanews – Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease mengintensifkan satuan keamanan lingkungan (Satkamling) di sejumlah desa dan negeri di Kota Ambon.

Hal ini dilakukan dalam bentuk akselerasi Satkamling dalam rangka peliharaan kemananan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dalam menghadapi Pemilu serentak di tahun 2024 nanti. Hal ini ditandai dengan apel satkamling yang yang berlangsung di Lapangan Upacara Mapolresta Ambon Rabu (21/6).

Dalam apel yang melibatkan Dirbinmas Polda Maluku Kombes Deny Abrahams, Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse, Dandim serta Pejabat utama Kodim 1504 Ambon, Kapolresta Pulau Ambon Kombes Raja Arthur Simamora Lumongga mengaku, apel tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran aktif pemdes/negeri/kelurahan untuk meningkatkan kesadaran warganya dalam menjaga harkamtibmas menjelang Pemilu 2024 nanti.

“Kegiatan ini melibatkan 4 ketua satkamling yang masing masing dari Negeri Hukurila, Latuhalat, Galala dan Mahia, dengan 25 warga yang terlibat dalam satkamling ini, tujuannya bagaimana akselerasi revitalisasi satkamling dalam rangka harkamtibmas dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2024,” ujar kapolresta.

Selain untuk pemilu serentak lanjut kapolresta, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023.

Baca Juga: Pemkab Tanimbar Salurkan CBP Tahap II

“Ini juga salah satu kegiatan menyambut HUT Bhayangkara, dimana untuk meningkatkan kesadaran warga dalam harkamtibmas jelang Pemilu 2024 dalam satkamling yang merupakan salah satu bentuk Pam Swakarsa,” jelas kapolresta.

Pada kesmepatan itu, kapolresta juga memberikan penghargaan kepada Bhabinkamtibmas Negeri Hukurila, Latuhalat, dan Desa Galala yang telah merevitalisasi satkamling dan mengikuti lomba satkamling tingkat Polresta. (S-10)