AMBON, Siwalimanews – Kebakaran melanda area Pelabuhan Hurnala Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (4/10) dini hari.

Tercatat 20 warung makan yang berada di samping ruang tunggu pelabuhan, ludes terbakar. Sementara salah satu pemilik warung atas nama Zainudin mengalami luka bakar.

Kasi Humas Poltesta Ambon Ipda Moyo Utomo kepada wartawan di Mako Polresta menjelaskan, berdasarkan keterangan satpam yang bertugas menjaga area pelabuhan, saat kebakaran terjadi, ia dan rekannya berusaha mencari bantuan, namun dikarenakan masih sangat pagi dan belum ada aktivitas di dalam pelabuhan, maka tidak ada masyarakat yang dapat membantu memadamkan api.

Satpam ini kemudian mencoba memadamkan api dengan cara menyiramnya, namum dikarenakan sumber air yang sulit dan juga pada saat itu air laut sedang surut, membuat ia kesulitan untuk memadamkan api.

“Karena kesulitan memadamkam api, satpam (saksi) berusaha lagi mencari bantuan dari warga sekitar dan datang 3 orang untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya, namun api tetap juga tidak padam,” jelasnya.

Baca Juga: Polresta Gelar Doa Bersama Kenang Tragedi Kanjuruhan

Tak lama kemudian, tiga unit mobil pemadam kebakaran beserta dua mobil pendukung tiba di TKP dan langsung memadamkan kobaran api. Setelah bergelut dengan kobaran api, akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.21 WIT.

Dugaan sementara pemicu api tersebut berasal dari arus pendek listrik pada warung milik bapak Zainudin yang tepat berada ditengah. Menurut pemilik warung beliau baru selesai melaksanakan sholat subuh tiba-tiba sudah terlihat api.

“Akibat dari peristiwa kebakaran tersebut bapak Zainudin mengalami luka bakar ringan pada wajah dan tangan, sementara kerugian materil seluruh warung hangus terbakar tanpa ada yang bisa diselamatkan, karena seluruh pemilik warung tidak berada di tempat,” bebernya. (S-10)