AMBON, Siwalimanews – Intensitas hujan yang tinggi sejak Minggu (17/7) hingga Senin (18/7) malam, mengakibatkan longsor terjadi di Dusun Halong Batu-Batu, Senin (18/7) malam.

Tak hanya longsor, sejumlah pohon juga ikut tumbang bersaman dengan tanah yang terlepas dari tebing di kawasan itu. Alhasil akses jalan utuma di ruas jalan Piere Tendean lumpuh total, akibat material longsor dan pohon tumbang yang menutup akses jalan itu.

“Kejadian ini diketahui setelah Bhabinkamtbmas Negeri Halong Bripka G Bremer mendapat telepon  terkait Jalan Piere Tendean, tepatnya depan eks Kantor Pos telah terjadi peristiwa bencana tanah longsor di sertai pohon tumbang yang menutup sebagian besar jalan utama,” jelas Kapolsek Baguala AKP Meity Jacobus kepada wartawan di Ambon, Senin (18/7).

“Pukul 18.40 WIT regu piket yang dipimpin Aipda T Tapilatu melibatkan 3 personel, kemudian Unit SAR Dit Samapta Polda Maluku, BNPB Maluku dan Kota Ambon tiba di lokasi langsung melakukan evakuasi sekitar TKP dengan cara mengatur arus lalu lintas dan membersihkan material longsor berupa lumpur, batu dan pohon gondal besar yang tumbang,” jelasnya.

Beruntung kata Kaposlek, peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun menyebabkan arus lalu lintas dari arah kota menuju Baguala dan sebaliknya dari arah Baguala menuju kota terhambat hingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang.

Baca Juga: Samal Sayangkan Sikap Kementerian ESDM

“Tidak ada korban jiwa dan sampai saat ini proses pembersihan material longsor masih berlangsung,” ucapnya. (S-10)