SAUMLAKI, Siwalimanews – Penjabat Bupati Tanimbar Ruben Moriolkossu, melaunching penyaluran cadangan beras pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan tahun 2023 tahap II yang diselenggarakan di Kantor Pos Saumlaki, Senin (19/6).

CBP tahun 2023 tersebut bersumber dari Kementerian Sosial yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat miskin keluarga penerima manfaat se-Indonesia dan salah satunya di Kabupaten Tanimbar, yang berhak menerima bantuan itu.

Dengan di launching penyaluran CBP tahap II kali ini diperuntukan kepada 9.912 KPM yang tersebar pada 82 desa, dan 2 dusun yang ada di Tanimbar yang telah terdata pada 10 kecamatan di Tanimbar, dimana setiap KPM akan mendapatkan bantuan beras 10 kg selama 3 bulan.

Penyaluran CBP ini dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Tanimbar kepada 20 KPM yang ada di Desa Sifnana dan Olilit Raya, serta KPM pada Kelurahan Saumlaki dan Saumlaki Utara.

Bupati dalam arahannya mengatakan, Pemkab Tanimbar sangat menyambut baik, sekaligus memberikan apresiasi atas terlaksananya penyerahan bantuan CBP tahap II kepada masyarakat kurang mampu di kabupaten ini.

Baca Juga: Rahawarin Pastikan akan Perjuangkan Daerah Perbatasan

Pasalnya, ini sangat bermanfaat, karena dapat mengurangi beban perekonomian masyarakat sebagai penerima manfaat pangan, serta upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, dan bahkan dapat membantu mengendalikan dampak inflasi yang terjadi di daerah.

“Pemda Tanimbar sambut baik dan berikan apresiasi atas dilaksanakannya penyerahan bantuan pangan ini kepada setiap KPM dalam rangka untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat serta untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, dan bahkan dapat membantu mengendalikan dampak inflasi,” ujar bupati.

Menurutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah, melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari CBP yang diberikan Kemensos seperti saat ini.

Sementara itu, berdasarkan data yang disampaikan Kadis Sosial, bahwa untuk wilayah Tanimbar sebanyak 9.912 KPM, dengan rincian untuk Kecamatan Tanimbar Selatan, bisa diambil pada Kantor Pos Saumlaki sebanyak 5.419 karung. Sedangkan untuk Kecamatan Tanimbar Utara dan sekitarnya dipusatkan pengambilannya di Kantor Pos Larat dengan jumlah 4.493 karung.

Kepala Kantor Pos Saumlaki Yulius Mei Lando Gamgenora pada kesmepatan itu menambahkan, dalam proses penyaluran bantuan CBP tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Pemda yang turut dilibatkan dinas terkait, yakni Dinas Sosial dan Dinas Ketahanan Pangan.

 

“Kantor POS Saumlaki yang akan menyalurkannya ke desa-desa yang ada, bahkan hingga ke pelosok bumi Duan Lolat ini. Ini merupakan penyaluran tahap II. Untuk tahap I kemarin sudah tersalur 100 persen,” ucapnya.(S-26)