AMBON, Siwalimanews – Ketua fraksi PDIP DPRD Provinsi Maluku, Benhur G Watubun meminta seluruh masyarakat untuk jangan mengabaikan dan menaati peringatan dini cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pattimura Ambon.

Permintaan ini disampaikan Watubun kepada Siwalima, Kamis (24/2) menindaklanjuti kondisi cuaca ekstrem yang terjadi hampir di wilayah Maluku yang mengakibatkan banjir ROB disejumlah daerah.

“Situasi yang terjadi akibat cuaca ekstrem yang melanda Maluku akhir-akhir ini, saya menghimbau sekaligus meminta masyarakat agar taat dan patuh terhadap peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, ujar Watubun.

Hal ini kata Watubun harus dilakukan oleh masyarakat guna meminimalisir korban jiwa mengingat beberapa waktu lalu sudah ada korban jiwa akibat cuaca ekstrem yang terjadi, tepatnya di Banda Eli Kabupaten Malra, serta Kota Tual dan dan juga nelayan yang sempat hilang dan meninggal di Haruku.

Selain itu, sejumlah rumah warga di desa-desa juga banyak yang rusak akibat terjangan air laut yang mengakibatkan talud penahan ombak akhirnya jebol maupun akibat angin kencang.

Baca Juga: Pilkades Serentak, Siapa Untung

“Oleh karena itu, lebih khusus masyarakat yang bermukim di bibir-bibir pantai atau masyarakat pesisir agar lebih berhati hati terhadap kondisi alam yang tengah berlangsung.”

Ditambahkannya, tentu roda ekonomi harus terus berlangsung, namun masyarakat harus bijaksana dalam mengambil langkah, karena situasi dan kondisi tidak memaksa kan diri untuk sesuatu yang pada akhirnya berimbas pada kerugian banyak orang ataupun nyawa. (S-20)