AMBON, Siwalimanews – PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menghimbau masyarakat di Ambon dan sekitarnya untuk mengantisipasi bahaya kelistrikan di sekitarnya mengingat tingginya curah hujan yang tinggi.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW MMU Ramli Malawat mengatakan, keadaan cuaca dengan curah hujan yang tinggi dapat berisiko adanya potensi banjir, longsor, dan pohon tumbang akibat angin kencang yang bisa menimpa jaringan listrik.

“Sebagai langkah antisipatif guna menjaga keamanan listrik di dalam rumah masing-masing saat musim huhan seperti ini, kami juga me­ngajak pelanggan untuk secara rutin mengecek kondisi instalasi kelis­trikan di rumahnya untuk memasti­kan tidak ada potensi bahaya kelis­trikan seperti misalnya kabel yang terkelupas”, tutur Ramli

Kata dia, bila terjadi gangguan ke­listrikan, seperti salah satunya yaitu adanya pohon tumbang yang me­nge­nai jaringan listrik, pelanggan dihimbau segera melakukan penga­duan di aplikasi PLN Mobile atau­pun menghubungi Contact Center PLN 123.

“Namun apabila rumah pelanggan ataupun instalasi PLN terendam air, maka demi keselamatan secara ter­paksa aliran listrik untuk sementara akan kami padamkan. Pelanggan juga dapat mematikan instalasi listrik di dalam rumah, naikkan alat elek­tronik ke tempat yang lebih tinggi”, tambahnya.

Baca Juga: HRS Berpartisipasi di Baku Dapa Anak dan Remaja GPM Hulaliu

PLN pun menghimbau masyara­kat untuk selalu mengecek semua peralatan listrik dan elektronik yang ada di tempat tinggal sebelum tidur, dan memastikannya telah terlepas dari stop kontak saat tidak digu­nakan.

Sebagaimana diketahui bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa musim hujan tahun ini lebih basah dari biasanya. Masyarakat diminta mewaspadai bencana hidro­meteorologi seperti banjir, longsor dan banjir bandang. Berdasarkan per­kiraan cuaca dari laman bmkg. go.id, wilayah Kota Ambon dan sekitarnya diperkirakan akan hujan selama satu minggu ke depan. (S-19)