WALIKOTA dan Wakil Walikota Vlissingen, Belanda, A R B Van den Tillaar dan A A Vader, kunjungi Pe­merintah Kota Ambon, Senin (13/2).

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Vlissingen Balai Kota Ambon itu guna membahas kerja sama lanjutan antar Kota Ambon dan Kota Vlisingen.

Dalam sambutannya, Walikota Vlisingen, A R B Van Den Tillaar mengaku bangga dan senang bisa kembali berkunjung ke Ambon, dalam rangka terus menjalankan proyek kerjasama antara Vlissingen dan Kota Ambon.

“Atas nama Pemerintah Vlissi­ngen dan seluruh delegasi Stiching Samenwerking Vlissingen Ambon (SSVA), saya merasa sangat sanang dan bangga bisa hadir lagi di Kota Ambon. Ini kedua kalinya saya di Ambon, dan untuk Wakil Walikota, ini ketiga kalinya. Dan proyek yang kami lakukan melalui kerjasama Ambon dan Vlissingen ini, keseluru­hannya dilakukan oleh Yayasan SSVA dan kami melakukan banyak hal terkait dengan kerjasama ini. Kami telah berbincang dengan Walikota Ambon dan kami merasa kerjasama ini sangat luar biasa, sangat baik,” ujarnya.

Dikatakan, di Vlissingen banyak orang Ambon yang berdomisili disana sehingga pihaknya merasa Ambon adalah bagian dari Vlissii­ngen. Dengan itu, pihaknya  akan mela­kukan yang terbaik untuk Kota Ambon.

Baca Juga: Pemkot Usulkan Anggaran Gempa Tahap II 25 M

“Kerjasama ini adalah sebuah hal yang mutlak, kami bisa berdiskusi tentang banyak hal tanpa ada masalah yang menjadi kendala. Ketika kami bersama delegasi SSPA ke Ambon, kami merasa bahwa kami pulang ke rumah kedua kami. Sudah 26 Tahun kami bekerja sama dengan Kota Ambon, kami melanjutkan banyak sekali proyek, terutama yang bisa dilihat adalah Klinik Mata, ada banyak hal yang kami lakukan terkait Klinik Mata ini,” katanya.

Tentunya kata dia, tidak terlepas dari pertolongan pihak SSVA selaku yayasan yang selama ini bekerja meningkatkan fasilitas dan keun­tungan yang didapatkan dari SSVA bagi masyarakat Kota Ambon.

Selain soal Klinik Mata, kerjasama di bidang lain, seperti terkait sampah, terkait kesejahteraan anak, juga telah dilakukan, dan juga bakti-bakti sosial lainnya dengan menda­tangkan dokter-dokter, demikian juga yang dilakukan di tahun sebelumnya.

“Proyek-proyek kami yang akan datang dan mungkin sudah dilaku­kan, adalah terkait penanganan orang-orang berkebutuhan khusus, difabel atau disabilitas. Dan saat ini kami juga mau dengar apakah ada bidang-bidang lain yang bisa kami lakukan sama-sama. Kami terbuka dan akan kami diskusikan dengan pihak SSPA,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse mengata­kan, atas nama Pemerintah Kota Ambon, pihaknya menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan perhatian baik oleh Pemerintah Kota Vlissingen bagi Kota Ambon.

Pihaknya berharap, kerjasama yang telah dibangun ini dapat terus dijaga dengan baik.

“Kami akan melaksanakan diskusi terkait dengan pelaksana kerja sama ini, diharapkan ini dapat  berdampak baik bagi Pemerintah Kota Ambon maupun Kota Vlissingen sendiri, demi kesejahteraan masyarakat Kota Ambon,”tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan berdiskusi untuk kelanjutan kerjasama antara Pemerintah Kota Ambon dan Vlissingen.

“Kami sangat mengharapkan arahan atau masukkan kepada kami Pemerintah Kota Ambon dalam pelakasanan kerja sama ini,” tukasnya. (S-25)