AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengaku, dalam tahun ini perbaikan jalan di dalam kawasan Terminal Mardika Ambon dalam bentuk pengaspalan akan dikerjakan oleh Dinas Perhubungan.

“Untuk anggarannya sudah ditetpkan dalam APBD murni 2023, untuk kepastian kapan dierjakan coba dikonfirmasi lagi ke DinasPerhubungan,” ucap walikota kepada wartawan di Ambon, Senin (16/10).

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette mengaku, pekerjaan pengaspalan jalan di kawasan terminal akan dilakukan pada akhir bulan Oktober ini, dikarenakan saat ini dada dalam proses lelang sementara dilakukan oleh panitia.

“Jadi kita masih tunggu hasil lelangnya, mungkin dalam minggu ini sudah diumumkan pemenangnya. Selanjutnya ada masa sanggah lagi, selanjutnya sekitar tanggal 22 atau 23 Oktober itu sudah tandatangani kontrak, dan setelah itu sudah bisa dikerjakan, jika didukung dengan  peralatan yang siap,” jelas Sapulette kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (16/10).

Menurut Sapulette, pekerjaan ini ditargetkan tidak akan memakan waktu lama, karena sifatnya hanya pengaspalan, serta proses pembersihan drainase yang tersumbat akibat sampah.

Baca Juga: Mantan Ketua IDI Maluku Dihukum 3 Tahun Penjara

“Jadi nanti dalam proses pengaspalan itu ada drainase yang akan kita bersihkan dari sampah-sampah yang tersumbat pada lokasi itu. Karena jangan sampai air nanti tidak masuk dalam drainase, justru tergenang dalam permukaan aspal, yang dampaknya akan merusak aspal yang baru dibuat,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya memperkirakan, proses pekerjaan jalan itu hanya akan memakan waktu sekitar satu bulan.

“Jadi ada dua item yang akan dikerjakan nanti, yaitu pengaspalan dan pembersihan drainase dari sampah. Kita berharap sebelum Desember itu sudah selesai dikerjakan,” ucapnya.

Ditanya soal besaran anggaran untuk proyek tersebut, Sapulette mengaku, anggarannya sebesar Rp1,7 miliar.(S-25)