AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menginstruksikan kepada para lurah dan kades maupun raja untuk membangun jamban bagi warga yang tak memilikinya.

Pasalny, di Kota Ambon sendiri ada kurang lebih 2 ribu warga yang rumahnya tak memiliki jamban sehingga masih menggunakan alam terbuka untuk membuang hajat mereka.

“Saya sudah sampaikan ke para lurah maupun kades dan raja, segera bangun jamban dalam dua minggu kedepan. Bayangkan saja, jamban ada 2.000 lebih rumah itu masih menggunakan alam untuk mereka buang hajat, ada yang di sungai, hutan, tetapi yang lebih parah dalam lingkungan hidup, mereka membuang di tas kresek,” ungkap walikota kepada wartawan, di Ambon, Rabu (12/4).

Walikota menegaskan, ini kondisi yang sungguh memprihatinkan dan mau tidak mau harus disampaikan.

“Ini harus saya ungkap, karena itu kenapa saya tanya pada raja dan kades serta lurah, dan saya berikan waktu 2 minggu dari sekarang untuk memasukan data kepada kami, desa/negeri dan kelurahan mana yang masyarakatnya belum memiliki jamban atau WC, lalu kita selesaikan tahun ini. Kebutuhannya itu 2.000 lebih,” ucap walikota.

Baca Juga: Walikota Akui Dinas Pariwisata tak Punya Inovasi

Hal ini penting, kata walikota agar  Ambon terbebas dari rumah yang dikategorikan sebagai rumah tidak memiliki jamban.

“Nanti lewat Kabag Pemerintahan, kita akan menerima data itu dan segera bangun, dalam dua minggu ini,”janji walikota.(S-25)