AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan hingga saat ini belum menetapkan jumlah kuota penerimaan siswa SMA Siwalima.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Husein menjelaskan, penetapan kuota SMA Siwalima biasanya menunggu hasil ujian tingkat SMP.

Pasalnya, besaran kuotanya sangat tergantung dari presentasi kelulusan siswa SMP pada masing-masing kabupaten/kota.

“Sampai saat ini, kita belum tetapkan berapa banyak kuota yang nantinya masuk ke SMA Siwalima sebab masih menunggu hasil kelulusan SMP,” ujar Husein kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (26/3).

Menurutnya, presentasi kelulusan SMP pada setiap kabupaten/kota akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran pada APBD 2024, khususnya bagi siswa baru.

Baca Juga: Maju Gubernur, Lewerissa: Tergantung Perintah Partai

Penerimaan siswa SMA Siwalima tahun lalu mengalami peningkatan sebanyak 106 siswa atau lebih tinggi dibandingkan dengan alokasi anggaran dalam APBD. Langkah tersebut diambil, setelah mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk dengan persetujuan Komisi IV DPRD Maluku.

“Kuota itu kan menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran pada APBD yang diperuntukkan bagi makan dan minum siswa di SMA Siwalima, jadi kita tunggu hasil ujian dulu,” tandasnya.(S-20)