AMBON, Siwalimanews – Isu lingkungan dan perubahan iklim menjadi salah satu isu global mesti disikapi secara bijak oleh semua pihak. Bukan hanya pemerintah, masyarakat tetapi juga pers.

Hal ini dikatakan oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Watti­mena ketika membuka pelatihan jurnalistik lingkungan yang digelar Jaringan Media Siber Indonesia Maluku bersama Perhimpunan Kreativitas Anak-Anak Alam Ambon di Balai Kota, Sabtu (13/1).

Orang nomor satu di kota ambon itu mengaku saat ini di semua wilayah mengalami mengalami perubahan iklim.

“Cuaca yang luar biaya kita bisa rasakan sendiri di Ambon. Situasi dan kondisi yang kalau boleh kita sampaikan sangat mencemaskan dan memprihatinkan,” ungkap walikota.

Untuk itu dalam upaya memba­ngun pengetahuan dan kesiapan masyarakat terkait dengan peru­bahan iklim atau lingkungan, dibutuhkan kolaborasi dari semua stakeholder terkait termasuk pers.

Baca Juga: Dewan Minta Pemprov tak Bikin Kebijakan Rugikan Rakyat

Menurutnya isu lingkungan yang terkait perubahan iklim itu mesti diketahui oleh masyarakat sehingga peran pers sangat penting.

“Kenapa, agar masyarakat ini bisa mengetahui tentang isu lingkungan dan perubahan iklim,” ujarnya.

Terkait dengan isu lingkungan, maka yang menjadi tanggung jawab bersama untuk diminimalisir, bahkan kalau bisa dieliminir adalah mengenai sampah.

Ya saya harus sampaikan ini, karena memang kalau kita lihat telah terjadi perubahan yang cukup baik soal penanganan sampah. Tapi belum sama sekali menyelesaikan persoalan sampah di Kota Ambon,” katanya.

Untuk itu dalam menyelesaikan persoalan sampah harus dilakukan peningkatan dan perbaikan infras­truktur pengelolaan sampah, penyebaran informasi tentang kebijakan pemerintah serta edukasi.

“Saya selalu katakan kebijakan pemerintah sebagus apapun disusun dengan mempertimbangkan berbagai pertimbangan-pertim­bangan dan memilih alternatif terbaik tetapi ketika diimplementasikan tanpa partisipasi masyarakat tidak ada satupun yang akan berhasil,” tegasnya.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan terima kasih kepada JMSI dan Kanal Ambon yang telah berupaya berkolaborasi, bekerja sama dengan pemkot mengedukasi masya­rakat melalui peran jurnalis.(S-29)