AMBON, Siwalimanews – Ribuan masyarakat Flores, Sumba, Timor dan Alor, Nusa Tenggara Timur yang ada di Kota Ambon memadati kediaman pribadi Agus Ririmasse di Dusun Toisapu, Sabtu (27/1) dalam rangka syukuran Natal dan Tahun Baru.

Masyarakat Flobamora yang hadir tidak hanya beragama Kristen, Katolik tapi juga beragama Islam.

Perayaan Natal dan Tahun Baru  acara diawali dengan kebaktian ini kental dengan suasana kebersamaan yang dipimpin Vikjen Keuskupan Amboina Pastor Anton Kewole dan pendeta Wakanno.

Usai ibadah, Sekot Ambon yang sudah dikukuhkan sebagai warga Flobamora dalam sambutan mengaku kekompakan masyarakat Flobamora di tanah rantau ini satu hal yang sangat luar biasa.

“Masyarakat Flobamora tetap menunjukan kecintaan terhadap provinsi NTT walaupun mereka saat ini tinggal di Ambon,” terang Ririmasse.

Baca Juga: Lahan 2 Hektar di Bula Ludes Terbakar

Lanjutnya semua etnis NTT ada disini yang sudah dicek keberadaannya berasal dari Belu, Kefa, Soe, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Sabu, Sumba, Ende, Alor Bajawa, Manggarai. Terus juga ada dari Flores dan lembata.

“Ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Walaupun berasal dari Maluku, namun sekot mengaku dirinya memulai karier di NTT tepatnya di Kota Kupang. Jabatan pertama diembannya sebagai seorang lurah sampai asisten.

Kemudian diceritakan dirinya juga mempersunting wanita asal Sumba namun, secara pribadi ia merasa bangga diterima dan dikukuhkan oleh ketua dan pengurus sebagai warga Flobamora.

“24 tahun lamanya saya mengabdi di NTT. Saya sudah keliling seluruh daerah mulai dari saya jadi lurah sampai asisten. Hari ini saya menjadi sekot di Ambon. Saya bangga dikukuhkan seba­gai warga Flobamora,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga ia berharap masyarakat Flobamora di Ambon dapat mendukung kebijakan pemkot serta turun membangun Ambon menjadi kota yang lebih baik kota maju, berlandaskan kasih Allah.

Dirinya juga berjanji pada waktunya akan digelar kegiatan Halal bi Halal bagi masyarakat Flobamora usai lebaran nanti.

“Saya harapkan melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi bersama warga Flobamora yang ada di Kota Ambon,” tandasnya.

Untuk diketahui semua warga Flobamora yang datang terlihat larut dalam suasana penuh sukacita. (S-29)