BULA, Siwalimanews – Rumah milik Camat Bula Hadi Lumbalifar (45) di Desa Wailola, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Barat terbakar, Kamis (25/1).

Kasi Humas Polres SBT Iptu Mallombasang menjelaskan, berdasarkan keterangan  tetangga korban Saflin Kilbaren (43) bahwa, kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 10.15 WIT, dimana saat itu dirinya sementara berada di rumah dan saksi kemudian dika­getkan dengan  bunyi ledakan dari rumah  milik korban.

“Mendengar bunyi tersebut saksi langsung menuju rumah korban dan melihat telah terjadi kebakaran di dalam ruang tengah, sehingga dengan peralatan seadanya dibantu warga dan anggota Polres SBT yang dipimpin oleh Waka­polres Kompol Muhamad Mossat mencoba memadamkan api.

Namun, usaha warga dan personel Polres SBT, tidak berarti karena api dengan cepat menyebar dan menghanguskan plafon, perabotan dan barang-barang yang didalam rumah.

“Pada saat kejadian pemilik rumah yakni Camat Bula Hadi Lumbalifar tidak berada di rumah karena sementara bekerja,” ujar Iptu Mallombasang.

Baca Juga: Gagal Tata Pedagang, PMII Demo Copot Kadisperindag

Api baru berhasil dipadamkam lanjut Iptu Mallombasang sekitar pukul 12.00 WIT menggunakan 1 unit mobil damkar milik Pemkab SBT serta dibantu 1 unit mobil tangki air milik PT Kalrez serta 1 unit mobil AWC milik Polres SBT.

Penyebab kebakaran menurut Iptu Mallombasang, belum dapat dipastikan, namun diduga kebakaran ini terjadi karena korsleting listrik atau kompor minyak yang lupa dimatikan, sebab terdengar bunyi ledakan yang diikuti dengan kobaran api.

“Kebakaran ini tidak terdapat korban jiwa, namun bangunan rumah mengalami kerusakan berat dan kerugian material ditaksir lebih dari Rp100 juta,” beber Iptu Mallombasang. (S-26)