Peningkatan SDM Jadi Perhatian Serius Pemdes Wamkana

NAMROLE, Siwalimanews – Proses peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di bidang pendidikan menjadi perhatian serius pemerintah desa (Pemdes) Wamkana, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Perhatian serius itu pun diwujudkan dengan diberikannya bantuan kepada kepada puluhan mahasiswa asal Desa Wamkana yang terhimpun dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Wamkana (IKAPELAMAWA) yang sementara melanjutkan studi mereka di sejumlah Perguruan Tinggi di Ambon seperti Unpatti, UKIM dan IAKN.

“Peningkatan SDM, khususnya di bidang pendidikan cukup menjadi perhatian serius kami Pemdes Wamkana. Hal itu kami wujudkan dengan pemberian bantuan sejak Tahun 2018-2020 ini bagi adik-adik mahasiswa yang terhimpun dalam IKAPELAMAWA dibawa kepemimpinan Roki Hukunala,” kata Kepala Desa Wamkana, Helmi Nurlatu kepada wartawan di Namrole, Minggu (26/04).

Dirinya menjelaskan bahwa, beberapa hari lalu, dirinya telah menyerahkan langsung bantuan berupa 1 unit Laptob dan 1 unit Printer serta uang tunai sebesar Rp. 10 juta rupiah bagi 20 orang mahasiswa.

“Bantuan yang kami berikan Tahun ini bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2020. Dimana, untuk tahap pertama ini kami berikan bantuan berupa 1 unit Laptob dan 1 Unit Printer ini kami berikan untuk bisa digunakan bersama oleh adik-adik mahasiswa ini melalui persekutuan mereka. Selain, 20 mahasiswa ini pun mendapat masing-masing uang tunai sebesar Rp. 500.000,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, di tahap kedua nanti, 20 orang mahasiswa lainnya yang belum memperoleh bantuan berupa uang tunai pun akan mendapatkan bantuan masing-masing Rp. 500.000 karena saat ini ada 40 orang mahasiswa asal Desa Wamkana yang terhimpun di dalam IKAPELAMAWA.

Nurlatu pun menjelaskan bahwa selain bantuan yang diserahkan Tahun ini, pada Tahun 2018 dan 2019 lalu pun pihaknya juga telah menyerahkan bantuan berupa uang tunai bagi puluhan mahasiswa asal Desa Wamkana.

“Program pemberian bantuan bagi mahasiswa asal Desa Wamkana ini sudah kami realisasikan sejak Tahun 2018 dan 2019 lalu. Jadi, di Tahun 2018 itu kami juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 20 juta untuk 20 orang mahasiswa. Jadi, masing-masing mendapatkan Rp. 1.000.000. sedangkan di Tahun 2019 pun diberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 16 juta untuk 32 orang mahasiswa. Jadi, masing-masing memperoleh Rp. 500.000,” urainya.

Nurlatu menjelaskan, bantuan yang diberikan tersebut semata-mata sebagai bagian dari dukungan dari Pemdes Wamkana bagi para mahasiswa asal Desa Wamkana yang sementara melanjutkan studi di sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Ambon.

Ia berharap, puluhan mahasiswa asal Desa Wamkana ini tidak hanya melihat dari berapa besar jumlah bantuan yang diberikan kepada mereka, tetapi bisa menjadikan bantuan yang diberikan tersebut sebagai bagian dari dukungan Pemdes Wamkana bagi para mahasiswa untuk harus bisa melanjutkan studi hingga selesai dengan baik.

“Bantuan yang kami berikan memang tidak seberapa, tapi kami berharap bantuan ini bisa memotivasi adik-adik mahasiswa ini supaya bisa menjalankan perkuliahan mereka dengan baik dan bisa sukses dalam perkuliahan mereka, bahkan mereka juga bisa sukses setelah selesai dari perguruan tinggi mereka masing-masing,” tutur Nurlatu. (S-35)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *