AMBON, Siwalimanews – PT Angkasa Pura I Ambon menghentikan sementara layanan terhadap penerbangan komersil  di Bandara Internasional Pattimura Ambon. Shared Services dan CSR Manager untuk PT Angkasa Pura I Ambon, Aditya mengaku, Bnadara Pattimura hanya dibuka bagi penerbangan kargo atau penerbangan yang mengangkut logistik.

“Kita resmi hentikan penerbangan komersial itu 24 April sampai dengan 1 Juni 2020,” ujar Aditya.

Angkasa Pura I Ambon mendukung kebijakan pemerintah  dalam mencegah  penyebaran Covid-19 melalui aturan larang mudik. Olehnya ,Angkasa Pura I Ambon menghentikan sementara layanan terhadap penerbangan komersial  penumpang mulai 24 April hingga 1 juni 2020.,

Dikatakan, Bandara Pattimura akan tetap beroperasi untuk melayani penerbangan kargo atau penerbangan yang mengangkut logistik atau penerbangan khusus. “Seperti bantuan tenaga medis atau ada pejabat negara yang datang, ada pun layanan terhadap penerbangan yang dikecualikan yaitu penerbangan yang membawa atau pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu/wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional,” beber Aditya.

Untuk pelayanan penerbangan komersil dan curter tidak dilayani sejak  24 April hingga 1 Juni. Karena sesuai aturan dari pemerintah, tidak ada penerbangan sampai tanngal 31 mei 2020 untuk penerbangan domestik.

Baca Juga: Disperindag Diminta Operasi Pasar<p><span style='font-size:14px;'>Antisipasi Harga Melonjak</span></p>

“Pendapatan yang kami dapat juga agak menurun, tetapi ada strategi- strategi yang PT Angkasa Pura lakukan untuk menutupinya, sementara fokus dulu untuk penanganan Covid-19,” tutur Aditya.

Sementara itu, salah satu maskapai penerbangan yang dikonfirmasi terkait penutupan Bandara Pattimura yakni Ramli Area Manager Lion Air mengaku maskapainya resmi tutup karena mengikuti aturan pemerintah sejak tanggal 25 April hingga 1 juni 2020.

“Memang penutupan sudah ditetapkan tanggal 25 April kemarin tetapi ada diberikan kebijka dari Lion  Air karena banyak masyarakat yang sudah terlanjut untuk booking tiket,” kata Ramli.

Meski begitu Lion Air akan membuka penerbangan bagi  kargo setiap hari Minggu dan Rabu. “Untuk setiap hari Minggunya rute Ambon-Jakarta  dan Jakarta Ambon,” ujar Ramli. Mg-5)