AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena minta kepada setiap negeri adat yang belum menyelesaikan proses penjaringan sampai dengan pemilihan kepala pemerintahan negeri/raja agar secepatnya menyelesaikan persoanal internal dalam negeri secepatnya.

Hal ini disampaikan walikota dalam program Walikota Jumpa Rakyat (WAJAR) yang berlangsung di pelataran Balai Kota, Jumat (27/1) menyikapi keluhan warga Amahaus yang menyatakan bahwa proses pemioihan raja di negeri mereka belum juga tuntas.

Walikota mengaku, pemerintah kota tidak pernah menghambat proses yang tengah berjalan pada setiap negeri. Bahkan walikota minta, agar masing-masing negeri, tidak hanya Amahusu, tetapi juga semua negeri agar segera menuntaskan persoalan internal dalam negeri, terutama persoalan adat.

“Proses yang berlaku di negeri-negeri adat itu hanya bisa diselesaikan oleh negeri itu sendiri, kita hanya dampingi. Tetapi kalau mereka sendiri tidak bisa selesaikan proses adatnya, lalu siapa yang mau membantu. Kami sudah membantu dengan cara memfasilitasi membentuk tim fasilitasi,” ujar walikota.

Untuk itu walikota berharap, persoalan-persoalan yang ada di setiap negeri, bisa diurai dan diselesaikan, agar pada waktunya seluruh negeri di kota ini memiliki kepala pemerintahan yang definitif.

Baca Juga: Walikota: Pemkot tak Punya Kewenangan Atur Transportasi Online

“Seluruh negeri adat paham betul, bahwa raja definitif itu keinginan kita semua, dan pemerintah tidak pernah punya maksud untuk menghambatnya, karena itu tugas penjabat kepala pemerintah negeri, makanya yang tidak maksimal, kita ganti, agar lebih fokus untuk proses-proses itu,” jelas walikota.(S-25)