DOBO, Siwalimanews – Dua armada transportasi laut yakni kapal motor penyebrangan jenis roro yang merupakan bantuan dari kemneterian perhubungan yang diberikan kepada Pemkab Aru tiba di Dobo, Kamis (26/1).

Dua armada transportasi laut itu yakni KMP Aru Maju 01 dan KMP Aru Maju 02  tiba di Dermaga Feri Dobo, sekitar pukul 18.00 WIT.

Kedatangan kedua kapal itu disambut  Plt Sekda Jacob Ubyaan, didampingi Kadis Perhubungan Edwin Pattinasarany dan disaksikan Ketua DPRD Udin Belsigaway dan sejumlah anggota DPRD serta pimpinan OPD di Lingkup Pemkab Aru serta Ketua Klasis PP Aru Pendeta Hengki Mussa.

Kabid Penyebrangan Dishub Aru Frejon Pesulima kepada Siwalimanews menjelaskan, setelah tiba di Aru, maka dalam waktu dekat, kedua kapal ini akan diresmikan pengoperasiannya oleh Bupati Johan Gonga.

Pembuatan dua unit kapal milik Pemkab Aru tersebut berlangsung di galangan kapal milik PT Trisetia Cipta Persada di Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Anggaran untuk pengadaan kedua kapal ini sendiri berasal dari anggaran DAK penugasan bidang transportasi perairan Kemenhub tahun 2022 yang diberikan kepada Pemkab Aru.

Baca Juga: Walikota: Pemkot tak Punya Kewenangan Atur Transportasi Online

“Jadi kedua kapal ini anggarannya bersumber dari DAK Penugasan Bidang Transportasi Perairan dari Kementerian Perhubungan tahun 2022,” ungkap Pesulima.(S11)