AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhena­pessy secara resmi melun­curkan, aplikasi perpustakaan digital, iAmbonmanise, yang dipusatkan di Hotel Marina, Senin (9/3).

Walikota mengatakan, aplikasi perpustakaan digital ini memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya ini, adalah salah satu bagian dari upaya untuk mewujudkan Ambon Smart Public Service.

“Peluncuran aplikasi perpustakaan digital iambonmanise adalah salah satu bagian dari upaya untuk mewujudkan Ambon Smart Public Service,” jelasnya.

Menurtnya, public service sendiri harus bercirikan dua hal yaitu, kota ini harus selalu up to date terhadap teknologi baru, dan harus dapat menyediakan pelayanan yang menarik.

“Bagi saya pribadi, Ambon sebagai public service harus bercirikan dua hal yaitu, kota ini harus selalu up to date terhadap teknilogi terbaru, terutama yang bertujuan untuk pelayanan publik, dan jedua kota ini harus dapat menyediakan pelayanan sekaligus mngedepankan pelayanan sekaligus mengedepankan pelayanan yang menarik dan mampu memenuhi kebutuhan para pengguna kota atau masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga: Aru dan SBB Terendam Banjir

Menurutnya, perpustakaan ini ini memiliki keuntungan bagi masyarakat dan Kota Ambon. Sebab mampu membantu untuk menjangkau dengan sangat lebih baik orang-orang yang tertinggal di pelosok yang sulit untuk dijangkau.

“Perpustakaan dapat menjangkau orang-orang yang tertinggal dalam ekonomi masa kini, gagal mencapai potensinya di sistem sekolah, ataupun mereka yang memerlukan bantuan dalam menjelajahi dunia yang semakin kompleks,” ungkapnya.

Walikota dua periode ini berharap, dari kegiatan ini seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang melayani dapat menyediakan smart public service.

Saya berharap semua OPD yang melayani publik dapat menyediakan smart public service,” harapnya

Walikota menjelaskan, Kementerian Kominfo menempatkan Kota Ambon sebagai salah satu dari 100 kota di Indonesia sebagai kota smart city dan telah menduduki urutan ke 25 kota terakhir dari 514 kota.

Dalam kegiatan yang di selenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini, walikota mengungkapkan tiga hal yang berkaitan dengan prioritas untuk membangun kota yang smar yaitu, Public Service, Ambon Officer Service, Ambon Rule Service.

Dengan kegiatan peluncuran ‘Iambonmanise’ yang merupakan aplikasi perpustakaan digital ini, lanjutnya, memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya. Hal ini merupakan salah satu bagian dari upaya untuk mewujudkan ‘Ambon Smart Public Service’. (Mg-6)