Jakarta, Siwalimanews – Yoan Clara Teken, perwakilan Maluku di ajang pemilihan Putri Indonesia 2020, ternyata selain cantik dan pintar, ia juga peduli terhadap permasalahan stunting yang masih cukup tinggi di Maluku.

Bahkan jauh hari sebelum mengikuti ajang pemilihan Putri Indonesia dokter lulusan First Moscow State Medical University, tahun 2019 ini, mulai menunjukan kecintaanya bagi tanah kelahiran orang tuanya.

Anak dari pasangan Andreas Teken dan Kristina Yenipor ini mulai memperlihatkan kepeduliannya terhadap anak-anak stunting saat aktif memberikan edukasi kepada masyarakat Maluku tentang apa itu stunting dan bagaimana mencegahnya.

Nona Seram-Tanimbar ini mengedukasi masyarakat tentang apa itu stunting lewat sosialisasi di berbagai sekolah, komunitas, puskesmas dan desa bersama duta perenting Maluku Ny Widya Murad Ismail.

“Saya sudah melihat kemampuan Yoan yang luar biasa, saat dia mengikuti pemilihan Jujaro-Mongare tahun lalu. Saat itu, saya jadi juri tamu, dan sudah tertarik dengan profilnya, termasuk kemampuannya berbahasa Rusia, serta kepeduliannya terhadap stunting,” ungkap duta parenting Maluku Ny Widya Murad Ismail.

Bahkan, setelah selesai mengikuti ajang Putri Indoensia 2020 mewakili Maluku, Yoan dipastikan akan kembali ke Maluku untuk bersama-sama dengan TP PKK serta bunda Widya memberikan time-frame.

Dokter cantik ini akan kembali Maluku untuk mengontrol, sejauh mana efisiensi program sosialisasi tentang stunting dengan program yang disebut follow up. Ia akan berkunjung kembali ke beberapa titik yang memang telah ditetapkan sebagai lokasi fokus stunting sejak awal.

“Program ini saya selaku duta parenting Maluku bersama Yoan akan lebih menggencarkan program lintas sektor, tidak hanya dari sisi medis akan tetapi didukung oleh sektor-sektor lainnya juga,” ungkap bunda Widya.

Untuk diketahui, dr. Yoan Clara Teken, perwakilan Maluku di ajang pemilihan Putri Indonesia 2020 yang diikuti 39 finalis, langkahnya  terhenti di top 6 besar pada Grand Final Putri Indonesia 2020 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (6/3) malam.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, bersama istri, Widya Murad Ismail, turut hadir menyaksikan wakil Maluku tersebut secara langsung di JCC untuk memberikan dukungan kepada Yoan.

“Selamat buat Yoan, wakil Maluku di ajang Pemilihan Putri Indonesia 2020. Meskipun berakhir di enam besar, tapi ini sudah capaian yang luar biasa dan patut diapresiasi,” kata Ketua TP PKK Mlauku  Widya Murad Ismail (S-39)