AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena melepas 16 anggota Pramuka Penggalang dari Kwartir Cabang Kota Ambon, untuk mengikuti Jambore Nasional XI tahun 2022, di Bumi Perkemahan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta.

Dalam acara pelepasan yang berlangsung di Balai Kota itu, Jumat (29/7) kemarin itu Walikota mengaku, kegiatan jambore tingkat nasional merupakan ajang bersosialisasi dan kebersamaan anggota pramuka.

Oleh karena itu, peserta Kwarcab Kota Ambon, harus dapat menjadi duta-duta Kota ini yang membanggakan, dengan menunjukan prestasi pada ajang yang bertujuan membangun kebersamaan solidaritas gerakan pramuka itu.

“Perlihatkan, bahwa Kwarcab Kota Ambon memiliki kualitas dan pantas ada di jambore itu, dan jangan permalukan Kota Ambon dalam ajang itu,” pinta walikota.

Para peserta akan diberangkatkan dengan KM Dobonsolo menuju Jakarta, untuk itu walikota minta agar seluruh peserta dapat menjaga kondisi kesehatan tetap fit.

Baca Juga: Kunjungi Korem Baabullah, Ini Pesan Pangdam

“Saat ini, pemkot belum dapat memberikan yang terbaik untuk memfasilitasi keberangkatan Kwarcab Kota Ambon, tetapi bukan soal transportasi apa yang digunakan, tetapi semangat untuk hadir dalam jambore itu yang lebih penting,” ujarnya.

Walikota mengaku, pramuka merupakan wadah penting, dan berperan strategis bagi generasi penerus.

Disisi lain, pramuka dalam eksistensinya juga membantu pemerintah bagaimana membangun semangat persatuan dan kesatuan anak-anak muda yang memiliki kedisiplinan tinggi, serta mengembangkan potensi diri untuk kemajuan bangsa.

Untuk diketahui, Jambore Nasional XI tahun 2022 akan berlangsung sejak 14-21 Agustus 2022. Peserta yang mengikuti kegiatan ini, merupakan hasil seleksi dari Jambore Cabang II, yang berlangaung sejak 20-24 Juni 2022, di Bumi Perkemahan Kwartir Daerah Maluku Lorihua, Negeri Suli, Kabupaten Maluku Tengah.(S-25)