AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengingatkan kepada masyarakat yang sudah mampu jangan lagi sebagai penerima manfaat program keluarga harapan (PKH).

10 tahun sudah program ini dilaksanakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau bapak ibu merasa tetangganya ada yang lebih layak mendapatkan bantuan, diusul­kan. Kalau melihat tetangganya sudah mampu, sudah mapan tapi masih dapat bantuan, dilaporkan supaya adalah data,” pinta walikota saat perayaan 1 dekade Program Keluarga Harapan yang berlangsung di Pattimura Park Ambon, Kamis (30/11).

Menurutnya dengan data yang dilaporkan itu maka pemerintah dapat membuat pembaharuan bagi penerima manfaat program PKH. “Harus dilaporkan agar diperbarui karena setiap orang yang berhak menerima mereka yang menerima, sehingga tahun-tahun mendatang angka kemiskinan di kota Ambon dapat menurun,” ingatnya.

Selain itu untuk mengatasi kesenjangan itu, maka pemerintah berupaya untuk melakukan berbagai hal. Misalnya PKH, BLT dan berbagai program pemerintah lainnya untuk mengatasi tingkat kemiskinan.

Baca Juga: Hari Ini, Dewan Tetapkan Tiga Calon Pj Gubernur Maluku

Dalam upaya melaksanakan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, lalu menemukan ada kesenjangan. Maka pemerintah berupa menengah. “Pemerintah tidak pernah tinggal diam, melepaskan begitu saja masyarakatnya yang ada dalam kategori miskin. Masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan,” jelasnya.

Untuk itu pemerintah membuat berbagai program yang diperuntukan bagi masyarakat yang berhak menerima bantuan-bantuan melalui PKH, maupun BLT dan berbagai program lainnya.

Kalau PKH ini program Kementerian Sosial, pemkot juga melakukan upaya-upaya lainnya seperti minta setiap desa, negeri, kelurahan untuk data masyarakat yang layak menerima bantuan sosial, seperti BLT kemudian penggunaan dana desa harus juga diperuntukan untuk itu.

Saya minta kepada masyarakat untuk membantu pemerintah terkait data-data keluarga miskin. Setiap orang yang berhak menerima mereka yang menerima sehingga tahun-tahun mendatang angka kemiskinan di kota Ambon dapat menurun,” pesannya. (Mg-3)