AMBON, Siwalimanews – Dalam beberapa tahun terakhir, Kota Ambon belum dapat mengukir prestasi ditingkat nasional khu­susnya pada olimpiade sains.

Kondisi ini menandakan ada hal-hal yang perlu dibenahi agar kua­litas siswa dibidang sains dapat ditingkatkan.

“Ini menjadi bahan perenungan kita bersama, menjadi evaluasi sekaligus mencari solusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Ambon,” janji Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena saat pembekalan terhadap peserta olimpiase sains di salah satu hotel di Ambon, Kamis (4/5)

Ia mengaku kemampuan siswa di bidang sains memang tidak diragu­kan namun disisi lain siswa perlu dibina agar berprestasi.

“Saya tidak ragu dengan kemam­puan anak-anak di Ambon, tetapi jika terus diasah, dibimbing, dibina dengan tepat, maka kita tidak kalah berprestasi dengan daerah lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Pemerataan Guru Jadi Fokus Dinas

Dirinya mengaku kalau para siswa yang hadir saat ini telah melalui tahapan seleksi yang ketat oleh tim.

Dari ribuan siswa di Ambon, tim berhasil menjaring sedikitnya  128 siswa tingkat sekolah dasar dan 100 orang tingkat sekolah me­nengah pertama.

“Saya bangga karena inilah generasi muda harapan kota ini. Mereka adalah yang terbaik dan terpilih diantara ribuan siswa lainnya untuk mewakili Kota Ambon pada ajang olimpiade sains,” tuturnya.

Kegiatan ini sendiri lanjutnya merupakan penguatan kapasitas bagi peserta guna memiliki kapasitas dalam mengikuti lomba, menguasi materi apa yang menjadi bidang minat, sehingga dapat berkompetisi pada bidang masing-masing.

Dirinya juga optimis, dengan kegiatan ini akan lahir anak-anak Ambon yang dapat menjuarai ajang OSN di tingkat nasional.

“Kalau itu bisa terjadi, maka semua kita yang terlibat, sudah memberikan sesuatu bagi kota yang kita cintai,” tandasnya.(S-25)