AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengingatkan seluruh ASN di lingkup Pemkot Ambon untuk menjaga semangat nasionalisme dan kebangsaan serta menjadi contoh dan teladan.

“ASN menjadi contoh dalam menjaga dan memelihara semangat nasionalisme dan kebangsaan. Oleh karena itu betul-betul ASN saya minta untuk menjadi teladan, menjadi contoh bagi banyak orang,” jelas walikota dalam sambutannya membuka kegiatan Forum Koordinasi Kepegawaian lingkup Pemerintah Kota Ambon, Kamis (27/2).

Kata walikota, rapat koordinasi khusus mengenai masalah pemberdayaan dalam lingkup Pemerintah Kota Ambon, terkait  dengan masalah penigkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sebetulnya apa yang dilaksanakan oleh BKD, itu merupakan  implementasi  dari apa yang saya dan Pemerintah Kota melihatnya tentang bagaimana penting sumber daya manusia,” tuturnya.

Dijelaskan, ada beberapa kebijakan strategis  yaitu, meningkatkan sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan  ini bukan saja untuk aparatur, tapi juga kepada masyarakat kota.

Baca Juga: Prajurit Kodam XVI Pattimura Gelar Hanmars

Kedua kualitas pendidikan. Sekarang sudah masuk pada era digitalisasi di mana teknologi itu sangat amat menonjol untuk bisa mengelola perkembangan teknologi, sehingga perlu adanya persiapan sumber daya manusia.

Selain itu, meningkatkan profesionalitas kinerja para aparatur sipil negara, meningkatkam efisiensi pelayanan administrasi. serta meminimaliisir masalah kepegawaian terutama Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 penilaian kerja Pegawai Negeri Sipil. dan peraturan Kepala BKN tentang arsip digital kepegawaian melalui unit layanan administrasi.

Menurutnya, pada era digitalisasi, teknologi itu memegang peranan kunci, pada seluruh sektor, tetapi yang mengendalikan teknologi ini manusia, oleh karena itu memang sumber daya, sekrang memang peranan penting dan strategis dalam mempercepat seluruh sektor, apakah pelayanan publik, apakah peningkatkan kualitas sumber daya, apakah peningkatan sumber daya masyarakat, itu sumber daya itu memang kata kunci.

Untuk menilai keberhasilan prestasi dinilai dari kinerja, bukan lagi soal beli uang, soal relasi, ini soal kinerja dan pempus juga memberikan kebijakan publik itu, kebijakan anggaran dengan daerah-daerah yang punya prestasi kinerja dan itu diberikan dalam bentuk intensif daerah,

Terapkan comment center

Walikota juga mengungkapkan, dalam waktu dekat akan menerapkan sistim comment center  untuk mengefektifitaskan kinerja dan akan mudah dikontrol oleh pemkot. “Jadi kita bisa mudah kontrol baik itu soal sampah, soal kemacetan dimana, soal lampu padam di mana, itu semua akan kita kontrol hanya dari situ,” tuturnya.

Selain itu, sistim CC ini juga bisa mengontol dengan mudah para pegawai dan mendata seluruh pegawai, sehingga mudah dikon­trol termasuk kenaikan pangkat dan promosi jabatan. (Mg-6)