AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena berharap, Pesta Paduan Suara Gerejani tingkat Kota Ambon VI tahun 2023 dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran beragama, kehidupan iman dan takwa umat Katolik kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Harapan itu disampaikan walikota dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse saat membuka Pesaparani tingkat Kota Ambon VI yang berlangsung di Katolik Center, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (15/9).

Walikota mengaku, Pesparani adalah pagelaran dan lomba musik liturgi, dengan tujuan mengembangkan pemahaman penghayatan dan pengamalan umat Katolik terhadap tata ibadah (liturgi gereja) dan merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan secara nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.

Kegiatan ini merupakan aksi kolaborasi, komprehensif dan integral, sebagai ungkapan iman dari wujud nyata rasa syukur umat Katolik, untuk memuliakan nama Tuhan atas segala berkat dan karunia yang diberikanNya.

Melalui kegiatan ini juga, kiranya dapat meningkatan tali persaudaraan dan kesatuan dan perbedaan suku, budaya, dan ras diantara sesama umat beragama Katolik, dan juga dapat meningkatkan solidaritas serta kerukunan antar umat beragama.

Baca Juga: Tindaklanjuti Putusan Bawaslu, KPU Akomodir Sitanala

“Untuk itu, saya mengajak kita semua pada saat mengikuti perlombaan nanti dengan hati yang riang gembira, menjaga persaudaraan, serta kebersamaan umat Katolik dan menjunjung nilai toleransi antar umat beragama, dalam kebhinekaan kita,” pinta walikota.

Walikota juga minta agar para peserta tetap menjaga kekompakan dan keseragaman dalam bernyanyi dan teruslah berlatih serta menjaga kesehatan selama mengikuti perlombaan nanti.

Lewat Pesparani ini, diharapkan terwujud masyarakat Katolik yang beriman, berakhlak mulia dan bermoral serta terlibat aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan dasar negara kita Pancasila.

“Kepada peserta, para official dan pelatih, saya mengajak kita semua untuk mari berikan penampilan yang terbaik, ciptakan kekompakan, keseragaman, dan keserasian. Saya berharap jangan hanya bernyanyi, untuk mau menang, dan saling mengalahkan. Tetapi, marilah kita bernyanyi untuk bergembira serta memuliakan Tuhan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan,” ucap walikota.(S-25)