AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Bodewin Wattimena mendorong tumbuhnya jiwa kewirausahaan masyarakat dan generasi muda untuk membuka lapangan kerja sendiri.

“Pemerintah Kota Ambon memberi apresiasi terhadap kegiatan ini. Kegiatan seperti ini bernilai positif dalam rangka membangkitkan semangat kewirausahaan dan membuka lapangan pekerjaan, kata walikota ketika membuka talkshow enterpreneur yang dilaksanakan Tim Pengembangan Ekonomi Klasis GPM Kota Ambon, di Gereja Bethania, Kamis (30/6),

Jiwa kewirausahaan, lanjutnya, dapat dilaksanakan dengan bantuan Pemerintah dan juga Gereja, dalam program pemberdayaan ekonomi warga Kota Ambon. Perkembangan zaman saat ini, tidak bisa lagi berharap kepada pemerintah semata, karena pemerintah memiliki kekurangan dalam penyiapan lapangan pekerjaan

Dia mengatakan, jumlah lulusan SMA/SMK se-derajat maupun pergu­ruan tinggi sangat besar, namun tidak diimbangi dengan lapangan peker­jaan yang memadai. Bahkan dalam satu tahun, tidak banyak peluang dan kesempatan kerja yang diberikan oleh pemerintah maupun swasta.

“Ini sangat bergantung pada investor yang masuk dan mengembangkan usaha di Kota ini. Maka solusi untuk penyediaan lapangan pekerjaan, adalah dengan mendorong jiwa kewirausahaan bagi pemuda, “terangnya.

Baca Juga: Djalaludin Mulai Bangun Permusuhan dengan DPRD

Salah satu kendala yang dihadapi, adalah karakter orang Maluku atau Am­bon yang sulit bekerjasama dalam sebuah kelompok usaha. Tapi sulit bukan berarti tidak mungkin, apabila masing-masing anggota kelompok usa­ha mau berkomitmen untuk meng­hidupi keluarga melalui kelompok usaha

Kebanyakan yang terjadi sebalik­nya kata walikota, karena ego masing-masing, maka kelompok usaha tidak berjalan dengan baik.

Kendala lain yang dihadapi oleh kelompok usaha, adalah belum adanya pabrik kemasan dan label untuk produk makanan yang dibuat individu atau kelompok usaha, sehingga sulit bersaing dengan produk lain dari luar.

“Pemerintah akan  support kegiatan ditingat klasis untuk kemasan dan labelisasi untuk perluas pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim, Bodewin Mailuhu dalam laporannya mengung­kapkan, Talkshow Enterpreneur ini digelar untuk menumbuhkan jiwa kritis dan enterpeneurship di dalam jemaat lingkup GPM Klasis Kota Ambon.

“Bank Indonesia Perwakilan Malu­ku dan PT. Pegadaian Cabang Ambon dihadirkan sebagai narasum­ber talkshow, yang diikuti oleh 110 peserta dari 21 jemaat lingkup GPM Klasis Kota Ambon,” sebutnya. (Mg-1)