AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mendampingi Staf Ahli Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Emeralda meninjau Pasar Mardika, Rabu (5/7).

“Saya mendampingi ibu Staf Ahli Dirjen OTDA dalam kunjungan ini, tujuannya untuk mengecek inflasi di Kota Ambon. Jadi tadi sudah dijelaskan soal upaya penanganannya, dan untuk menindaklanjuti itu kita sama-sama lakukan on the spot ini untuk melihat dan mengetahui langsung kondisi harga di Pasar,” ungkap walikota.

Dalam peninjauan ini kata walikota, kalaupun ada terjadi kenaikan harga, itu tidak terlalu mempengaruhi daya beli masyarakat, karena pada prinsipnya, selama daya beli masyarakat itu tinggi dan masih ada pada batas kemampuan, maka itu aman, karena stok bahan pokok, masih terpenuhi semuanya.

“Tetapi memang, kita berhadapan dengan mekanisme pasar yang memang tumbuh dengan sendirinya. Artinya ada kelompok pengumpul yang memperpanjang rantai pasokan, ini yang nantinya kita berdiskusi, arahan dari ibu Emeral, nanti kita memperpendek rantai pasokan, supaya harga yang sampai ke penjual, itu tidak terlalu tinggi,” ujar walikota.

Sementara itu, Staf Ahli Dirjen Otda Emeralda menambahkan, peninjauan ini dilakukan untuk membuat prespektif yang lebih lengkap, setelah dilakukan pertemuan di Balai Kota bersama Penjabat Walikota, dimana sudah memberikan informasi terkait langkah-langka yang diambil untuk mengendalikan inflasi yang ada di Kota Ambon.

Baca Juga: DPRD Minta Gubernur Hadir Saat Penyerahan LPJ

“Setelah itu, kita lakukan peninjauan ini untuk melihat secara langsung terkait situasi harga, soal stabilitas harga yang ada di pasar maupun masyarakat, kemudian bisa menilai efektifitas dari kebijakan dan langkah yang dilakukan oleh pemkot,” jelasnya.

Berdasarkan hasil peninjauan katra Emeralda kesimpulannya adalah, kondisi harga masih bisa terkelola dengan baik, dan ini memang kerja tim yang baik dari lintas sektor, kemudian dari penjabat bersama forkopimda dan instansi vertikal.

“Seperti inilah yang diharapkan dapat membuat pertumbuhan ekonomi akan lebih baik,” tandasnya.(S-25)