AMBON, Siwalimanews – Tim pendampingan dan percepatan negeri yang belum miliki raja definitif bentukan Pemkot Ambon yang dipimpin Satf Ahli Walikota Bidang Pemerintahand an Politik Piet Saimaima, dipastikan akan tetap mendampingi semua negeri yang sampai saat ini belum memiliki raja atau kepala pemerintahan negeri (KPN) yang definitif

Atas kinerja dari tim ini, maka jika tak ada kendala, dalam waktu dekat ini Raja Negeri Laha dan Naku akan dilantik.

“Berkaitan dengan proses pelantikan raja definitif pada beberapa negeri, sampai saat ini, progresnya sangat baik, seperti di Hative Besar itu mulai mengerucut, dan ada beberapa negeri yang sampai saat ini masih berproses, seperti Naku, Laha dan lainnya, yang mana ini semua sudah ada progresnya,” ungkap Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena kepada wartawan usai melantik Saniri Negeri Hative Kecil, Rabu (7/12).

Walikota mengaku, pihaknya bersyukur, karena sudah sebagian negeri yang memiliki raja atau kepela pemerintahan negeri yang definitif.

pihaknya berharap, dalam dalam waktu dekat, dapat melaksanakan momen pelantikan terhadap beberapa negeri yang prosesnya hampir rampung, seperti Laha dan Naku.

“Dua negeri ini diharapkan bisa dilakukan dalam waktu dekat ini, sementara kemarin saya sudah bertemu dengan Saniri Negeri Hative Besar juga, itu prosesnya sudah mulai mengerucut untuk penentuan mata rumah parentah, intinya disitu sebenarnya. Kalau itu sudah disepakati, maka pelantikan langsung dilakukan,” ucap walikota.(S-25)