NAMLEA, Siwalimanews – Personel Koramil 1506-03 Air Buaya melaksanakan kegiatan komunikasi sosial di Desa Walmatina, Kecamatan Air Buaya, Sabtu (27/11).

Komsos yang dilaksanakan anggota Babinsa Koramil Air Buaya Sertu Ali Tualeka ini, bertujuan untuk membahas tentang pentingnya menjaga dan melestarikan budaya adat Buru serta menjaga kebersihan lingkungan.

“Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya, debu, sampah, dan bau. Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap jendela dan perabot rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan. Kalau Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, serta membersihkan jalan di depan rumah dari sampah,” ungkap Tualeka.

Menurut Tualeka, jika kebersihan lingkungan tidak terjaga, maka lingkungan akan menjadi kotor. Untuk itu ada tujuh hal yang dapat dilakukan oleh warga, diantaranya, sampah sebaiknya dibuang ke tong sampah dan rajin  membersihkan selokan. Melakukan kegiatan kerja bakti, menyediakan tong sampah yang terbagi atas sampah organik dan non organic, tanam tanaman agar udara tetap segar dan bersih.

Selain berbicara tentang kebersihan, Sertu Ali Tueka juga mensosialisasikan manfaat dari vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: DPRD Desak Dikbud Umumkan Hasil Seleksi Kepsek

Untuk diketahui, pada Kamis (25/11) kemarin bertempat di Kantor Desa Waipure, Kecamatan Airbuaya, personel Koramil Sertu Abdul Amin Umanailo juga melakukan monitoring pergantian dan pelantikan Kepala Desa Waipure oleh Bupati Buru, Ramly Umasugi. (S-31)