AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon masih membutuhkan tambahan armada guna menuntaskan salah satu visi walikota yakni penguatan kapasitas infrastruktur pengelolaan sampah.

Tingginya volume sampah harian membuat Pemkot Ambon kewalahan belum lagi jumlah armadanya banyak yang uzur.

“Pemkot hanya miliki 23 armada dan itu tidak mampu menangani keseluruhan sampah yang ada di Ambon,” kata Penjabat Walikota Bodewin Wattimena kepada wartawan di Ambon, Senin (30/10).

Guna mengatasi permasalahan tumpukan sampah di TPS dibutuhkan setidaknya 50 armada angkut. “Minimal kita butuh sekitar 50 armada, jadi kami butuh tambahan sekitar 27 lagi. Kalau itu ada, saya jamin Ambon bersih,” janjinya.

Meski persoalan sampah masih menjadi persoalan yang harus dituntaskan namun pihaknya berterima kasih karena sampah kini tidak lagi berserakan di jalanan.

Baca Juga: Agoes Soenanto Prasetyo Jabat Kejati Maluku

Sampah lanjut banyak terlihat hanya pada TPS yang disediakan oleh pemerintah maupun yang diciptakan oleh masyarakat di lingkungannya masing-masing.

“Sampah tidak lagi berserakan di jalanan. Jika 50 armada, maka jadwal mengangkut sampah bisa berlangsung dua kali sehari karena sekarang hanya mengangkut satu,” ungkapnya.

Diketahui, Negeri Batu Merah menjadi wilayah dengan penyumbang sampah terbanyak di Ambon.

Batu Merah memiliki jumlah penduduk lebih dari 80 ribu jiwa dan jumlah itu bisa dikatakan lebih banyak dari satu kabupaten yang ada di Maluku. (S-25)