AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyerahkan penghargan berupa hadiah dan piala untuk peserta lomba Mural. Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon, ke 445 pada 7 September 2020 lalu, dengan tema Ambon Sehat.

Bertempat di Restoran Sari Gurih, di kawasan Lateri Kecamatan Baguala Kamis (1/10),  Walikota secara resmi telah mengumumkan siapa saja yang menjadi pemenang, pada lomba yang melibatkan para pelajar dan masyarakat itu.

Untuk pemenang kategori pelajar tingkat SMP, juara pertama dimenangkan Perwakilan SMP Negeri 9 Ambon, juara dua SMP N 6 Ambon, Juara tiga SMP Cendikia.  Sementara itu, untuk juara lomba mural kategori pelajar tingkat SMA, diposisi juara pertama ada SMA Negeri 1 Ambon, kedua SMA Kristen YPKMP Ambon, dan ketiga yakni SMAN 1 Ambon.

Sedangkan untuk kategori umum, dimenangkan oleh pasangan Julius Richardo Faubun dan Lodewyk Hahury,  Jeck Latumahina di posisi pemenang ke dua, serta Michel Frans dan Jo Andi Korwa sebagai juara ketiga.

Baca Juga: Sasaran Fisik TMMD ke-109 Capai 20 Persen

Walikota Ambon usai memberikan piala kepada para pemenang mengungkapkan, lomba Mural dengan tema Ambon Sehat, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar terbiasa dalam menerapkan pola hidup sehat.

“Banyak kegiatan dalam HUT yang tahun ini ditiadakan akibat Corona. Kami hanya membuat beberapa kegiatan, yang bertujuan agar mengedukasi masyarakat, diantaranya adalah lomba mural ini,” katanya.

Bagi Louhenapessy, hasil karya yang diimplementasikan pada dinding-dinding oleh para seniman yang ikut berpartisipasi dalam lomba Mural adalah bagaimana bisa memberikan pesan positif kepada masyarakat, terkait dengan bahaya covid-19 apabila diabaikan.

“Targetnya itu, bukan hanya hasil karya saja. Namun, semua lukisan tersebut juga bisa berperan dalam memberikan pesan kesehatan terhadap masyarakat. Agar ketika dilihat, bukan saja fokus pada gambarnya, namun juga mengerti akan pesan dari karya tersebut,” tandasnya. (Mg-6)