AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengaku, perwujudan Ambon bersih dari sampah dan birokrasi pemerintahan tertata dengan baik, sejauh ini belum maksimal.

“Semua sudah terlaksana, tapi ada yang menurut saya belum maksimal. Misalnya soal sampah, perwujudan Ambon bersih, saya sudah jelaskan kenapa itu belum bisa maksimal tapi bukan berarti tidak ada progres, progresnya ada, tapi belum maksimal,” ujar walikota kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (11/5).

Selain itu kata walikota, terkait konsolidasi internal pemkot yang berujung pada penataan birokrasi, itupun belum bisa dilakukan hingga kini, dan itu bukan karena selaku penjabat, dirinya tidak melakukannya, namun ini semua soal ijin Mendagri yang belum dikantongi.

“Saya sudah usulkan sejak awal Desember, dan persoalannya kalau sampai hari ini belum jadi, mestinya tidak lagi bicara soal kebijakan yang belum dilaksanakan, tetapi implementasi yang menjadi tanggungjawab OPD teknis, yaitu Sekot dan BKD, kenapa sampai hari ini pengusulan belum keluar,” tandas walikota.

Kebijakan untuk mengusulkan menurut walikota, sudah dilakukan. Jika sampai saat ini belum dilakukan, selaku penjabat dirinya tidak mampu melakukannya, mengingat itu bukan semata-mata menjadi kewenangannya untuk memutuskan hal itu.

Baca Juga: Warga Keluhkan Pelayanan DisdukcapiI

“Kita tunggu saja, tidak masalah bagi saya. Yang pasti, ada banyak kemajuan yang dialami oleh kota ini. Saya bersyukur, 1 tahun kepemimpinan, saya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan semua tugas, dan penilaiannya tergantung,” tuturnya.

Pasalnya tambah walikota, indikator penilaian terhadap kinerjanya selaku penjabat, dilakukan oleh Kemendagri. Jika nanti indikatoR penilaiannya menunjukan angka sangat baik, maka itu patut disyukuri. Selanjutnya bagaimana masyarakat menilai kinerja dirinya selaku Penjabat Walikota Ambon.

“Artinya, dalam waktu yang singkat ini, tidak mungkin saya melakukan semua hal di kota ini. Tapi paling tidak, ada hal-hal kecil yang saya lakukan, yang bisa memperbaiki kekurangan di Kota ini,” ujarnya.(S-25)