AMBON, Siwalimanews – Guna menekan penyebaran virus Covid-19, waktu layanan operasional sejumlah bank di Kota Ambon dibatasi, yang awalnya pelayanan dilakukan dari pukul 08.00 WIT hingga pukul 17.00 WIT kini mengalami perubahan.

Seperti di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Ambon, membatasi waktu pelayanan kepada nasabah yang biasanya pukul  08.00 -17.00 WIT mengalami perubahan yakni pukul 09.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT.

“Kalau untuk outlet-outlet kami jam 09.00–15.00 WIT,” jelas Branch Manager BNI Cabang Ambon, Friedson Wnk kepada Siwalima  disela-sela kesibukannya, Selasa (24/3).

Dikatakan, pihak BNI tutup pelayanan lebih awal, sehingga pegawai dapat beristirahat,” tegasnya.

Ia mengakui, sebelumnya  setiap pagi melakukan briefing karena sekarang ada sosial distancing, jadi tidak boleh lagi berkumpul. Dan kegiatan Brifing dilakukan lewat media online terkait dengan layanan.

Baca Juga: 696 Peserta CPNS Pemprov Lolos SKD

“Untuk Standar Operasioanal Procedure (SOP) telah dilakukan para karyawan dengan menggunakan masker dan memakai sarung tangan karet,” ujarnya, selain itu alat pengukur suhu tubuh, dimana seluruh pegawai diwajibkan untuk diperiksa.

Katanya, setiap sudut tersedia hand sainitizer, nantinya akan sediakan kran untuk mencuci tangan dan handsoap di dekat ATM. “ATM kan diakses oleh banyak orang sehingga harus kita harus ekstra menjaga kebersihan  dengan mencuci tangan sebelum mengambil uang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, BNI cabang Ambon sementara melakukan Work From Home (WFH), sebagian karyawan kerja di rumah dengan menggunakan dua shif kerja secara bergantian.

Bank Mandiri

Selain di BNI, operasional layanan yang sama juga dibatasi oleh Bank Mandiri juga dibatasi, jika sebelumnya pelayanan jam 08.00 WIT hingga pukul 16.30 WIT berubah menjadi pukul 09.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT. “Kita tunggu kebijakan dari pusat sampai kapan batasan pelayanan ini dilakukan,” tuturya.

Sementara itu , untuk Wrok From Home (WFH) belum dilakukan karena nasabah yang datang ke bank masih banyak, dan tidak dapat dilayani dengan baik .

Ia menjelaskan, pihak bank Memakai Thermo Gun untuk para nasabah mendeteksi suhu badan. hand sainitizer juga telah tersedia pada sudut–sudut bank. Sementara untuk lingkungan kantor juga  disemprot disinfektan. (Mg-5)