AMBON, Siwalimanews – Wakil Gubernur Maluku Barnabas Natanhiel Orno, menyambut kedatangan Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III, Marsekal Muda (Marsda) TNI. T. B. H. Age Wiraksono. di VIP Room Base Ops Lanud Pattimura, Rabu, (21/9).

Sejumlah perwakilan dari unsur pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Maluku, juga turut menyambut kedatangan Marsda Age bersama isteri dan rombongan di Kota Ambon.

Tiba menggunakan pesawat TNI AU Indonesian Air Force, dengan nomor punggung A-1314, Marsekal bintang dua ini, disambut tarian-tarian yang diperagakan siswa siswi dari SD Angkasa Pattimura.

Dalam kunjungan  kerjanya, Pangkoopsud Marsda Age dijadwalkan hadir dalam upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan TNI Ang­katan Udara (Lanud) Pattimura, dari Kolonel (Pnb) Andreas A. Dhewo kepada Kolonel (Pnb) Tiopan Hutapea, di Lapangan Mako Lanud Pattimura, sebagai Inspektur Upacara (Irup), yang berlangsung, pada Kamis (22/9) sebagaimana rilis dari Biro Administrasi Pimpinan Setda Maluku.

Sebagaimana diketahui, Sertijab dimaksud tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Nomor  Kep/23-PKS/IX/2022 tanggal 2 September 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Jabatan Di Ling­kungan TNI Angkatan Udara.

Baca Juga: Tiga Komisioner Bawaslu Maluku Ditetapkan

Berdasarkan SK Kasau tersebut, maka jabatan yang ditinggalkan Andreas akan dijabat Tiopan Huta­pea, yang saat ini menjabat sebagai Paban I/ Perencanaan Sops Mabesau.

Sedangkan Andreas kini menjabat sebagai Kasubdisopsud Dinas Pengembangan Operasi Angkatan Udara (Disbangopsau), setelah satu tahun tujuh bulan bertugas di Ambon. (S-05)