TIAKUR, Siwalimanews – Wakil Bupati Maluku Barat Daya Agustinus Kilikily mengaku, data yang dihasilkan dari penyelenggaraan statistik sangat diperlukan untuk perencanaan monitoring dan evaluasi pembangunan daerah bahkan pembangunan nasional.

Oleh sebab itu, data statistik yang dihasilkan harus akurat, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan serta mudah diakses dan dipakai instansi pusat dan daerah, sebab data yang berkualitas akan memberikan informasi yang representatif dan objektif kepada perumus kebijakan, sehingga kebijakan yang dirumuskan nantinya menjadi sebuah kebijakan yang efektif dan tepat sasaran.

Selain itu, data yang berkualitas juga memberikan informasi yang transparan dan akuntabel dalam memantau serta mengevaluasi kebijakan pemerintah.

“Oleh karena itu, kita semua hadir pada kegiatan FGD ini untuk sama-sama membahas serta mengkonfirmasikan data yang akan tercantum pada publikasi Kabupaten MBD dalam angka 2024,” ujar wabup dalam sambutannya saat mmbuka Forum Grup Discussion tentang Pembahasan Data Publikasi Kabupaten MBD Dalam Angka 2024 yang digelar BPS di aula Kantor Bupati, Rabu (21/2).

Untuk melakukan konfirmasi data yang sudah dikumpulkan sebelumnya oleh setiap OPD, instansi maupun lembaga di Lingkup Kabupaten MBD kepada BPS kata wabup, diharapkan untuk menjadi jembatan serta saling berkoordinasi satu sama lain terkait dengan penyedian data yang berkualitas.

Baca Juga: PSU Terancam Gagal Digelar

“Dimana BPS sebagai pembina data dan OPD, instansi maupun lembaga sebagai salah satu penyelenggaraan statistik sektoral harus saling berkoordinasi satu sama lain,” harap wabup.(S-28)