DOBO, Siwalimanews – Semarakkan HUT RI ke-77, maka pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, melalui Badan Kesbangpol membuat gerakan pembagian bendera merah putih secara gratis bagi masyarakat.

Pembagian bendera ini, dilakukan sekaligus pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera secara nasional, dan di Kabupaten Aru dipusatkan di Lapangan Yos Sudarso Dobo, Jumat (12/8).

Bupati Aru Johan Gonga dalam sambutannya mengatakan, launching gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih di Kabupaten Aru, didasari oleh Surat Mendagri Nomor 003.1/4397/SJ. Ini merupakan suatu kegiatan yang semarak dan menyenangkan, serta bertujuan untuk menumbuh kembangkan, rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme bagi seluruh rakyat Indonesia, melalui kegiatan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih.

“Jadi kegiatan ini juga dimaknai pemikiran, bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah NKRI,” jelasnya.

Di samping itu, untuk menyukseskan gerakan ini, tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja atau dari unsur pemerintah saja, tetapi perlu keterlibatan semua pihak, termasuk pemerintah desa/kelurahan, akademisi, media, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Wattimena: APEKSI Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan

Untuk diketahui pencanangan gerakan tersebut diawali dengan penyerahan bendera merah putih secara simbolis oleh Bupati, Kapolres, Kajari, Perwakilan Danlanal, Ketua Pengadilan Negeri dan Danramil 1503-03 Dobo kepada perwakilan Ketua RT dari Kelurahan Siwalima dan Kelurahan Galay Dubu.

Selanjutnya, pencanangan bendera merah putih yang ditandai dengan penancapan bendera di Lapangan Yos Sudarso Dobo, oleh Bupati dan para tamu undangan lainnya. (S-11)