AMBON, Siwalimanews – Istilah “akar rumput” disematkan bagi Pengurus-pengurus PDI Perjuangan tingkat PAC dan Ranting.

Pengurus PAC maupun Ranting menjadi ujung tombak perjuangan yang paling memahami isu kelokalan yang terjadi di sekitarnya. Dengan itu, masukan dan usulan “akar rumput”, merupakan salah satu penentu DPP PDI Perjuangan dalam proses rekomendasi bagi Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon 2024, Domi Pattileuw, kepada Wartawan, di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Ambon, di Mangga Dua, Ambon, Selasa (16/4) mengatakan, kekuatan partai ada pada “akar tumput”, sehingga apa yang menjadi masukan dan usulan mereka, lebih didengar.

“Mereka itu unjuk tombak partai, kekuatan kita ada disitu, sehingga itu menjadi salah satu pertimbangan nantinya,”katanya.

Terkait tahapan dalam proses penyaringan dan penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota sendiri, akan dilakukan dalam pleno DPC secara internal, dan akan dilanjutkan dengan pleno DPC bersama DPD, dan hasilnya akan diterskan ke DPP pada 31 Mei 2024

Baca Juga: Kebakaran di Kebun Cengkeh, Pemilik Rumah Tewas

“Selanjutnya akan dilakukan konsolidasi bersama peserta yang sudah mendaftar dengan PAC dan Ranting, dan ada tahapan juga dimana PAC diberikan kesempatan untuk memberi masukan bakal calon dalam Rakercabsus,”ujarnya.

Dia juga menuturkan,  sesuai Juklas DPD dan Juknis DPD, peserta atau bakal calon, baik Walikota dan Wakil Walikota, minimal masing-masing 4 yang mendaftar. Jika jumlah itu terpenuhi saat pendaftaran tahap pertama yang akan dimulai besok hingga 14 hari kedepan, maka tidak akan dibuka untuk tahap kedua.

“Jadi ini dibuka untuk umum, menyangkut persyaratan akan disampaikan saat pengambilan formulir nanti. Dan kalau dalam tahap pertama tidak mencapai jumlah pendaftar sesuai Juklak, maka akan dibuka tahap kedua. Tapi kita optimis, PDI Perjuangan banyak dilirik. Untuk itu, siapa saja yang mendaftar dan itu memenuhi, akan diproses,”jelasnya.

Dia menambahkan, bahwa setelah itu, akan ada tahap survei bagi peserta yang telah mendaftar, yang mana lembaga survei akan ditentukan oleh DPP PDI Perjuangan.(S-25)