CLOSE AD

UPP Dobo Lakukan Thermal Scan bagi Penumpang Kapal

DOBO, Siwalimanews – Pemkab Aru terus berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona masuk ke Kabupaten Aru, salahs atu cara yakni adalah melakukan thermal scan bagi penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Yos Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) klas III Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, Muhammad Amali Katjo menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat edaran Kementerian Perhubungan terkait dengan virus corona, maka selaku petugas pelabuhan, pihaknya melakukan kegiatan pencegahan bersama dengan tim yang terdiri dari Dinkes Aru, Polres dan TNI AL.

“Thermal scan dilakukan bagi seluruh penumpang, baik penumpang yang turun maupun yang naik,” ungkap Katjo kepada wartawan di ruang kerjannya, Selasa (17/3).

Dijelaskan, pelaksanaan thermal scan bagi penumpang ini, menjadi kegiatan rutin untuk setiap kapal penumpang yang menyinggahi Pelabuhan Yos Sudarso Dobo.

Untuk operasi yang dilakukan tadi, tim menemukan salah seorang penumpang yang ketika dilakukan pemeriksaan menggunakan thermal scan didapati suhu tubuhnya melebihi 37 derajat celcius, namun ketika di kroscek ternyata yang bersangkutan alami stroke.

“Untuk jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Dobo dari KM Ngapulu sebanyak 580 orang dan yang naik dengan tujuan Pelabuhan Kainama dan Fak-Fak berjumlah 28 orang penumpang,’ rincinya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Siwalimanews di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, terlihat semua penumpang yang turun (keluar) tidak satupun lolos dari proses thermal scan yang dilakukan oleh petugas kesehatan, begitupun bagi penumpang yang naik.

Bukan saja penumpang, namun para buru bagasi juga tidak lolos dari thermal scan petugas. (S-25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *