Tiga Hari Pencarian, 14 ABK KM Sanjaya 33 Ditemukan

1 ABK Belum Ditemukan

DOBO, Siwalimanews – Selama tiga hari pencarian korban tenggelam KM Sanjaya 33, akhirnya membuahkan hasil dengan ditemukannya 14 ABK dalam keadaan selamat, sementara satu ABK atas nama, Aru Wibowo belum di temukan.

Kepala Basarnas Maluku, Muslimin kepada wartawan, pada posko pencarian di areal Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, Selasa (17/3) menjelaskan, korban selamat yang pertama ditemukan warga Desa Ngaibor atas nama Suratikno (38) asal Cilacap Jawa Tengah. “Korban ini ditemukan oleh Andarias Soyem sekitar pukul 06.00 WIT dalam kondisi lemas,” jelas Muslimin.

Sementara 13 korban lainnya kata Muslimin yakni, Syeh Mohammad Basor (Nakhoda), Purnama, Suhadi, Alfarabi, Antok Irawan, Asdani, Iwan Ardiantoro, M Sabirin, Nimrot Fuka, Rian Lara Paramba, Danianto Dakukanda, Agus Ranka Mine, Muhammad Joni, mereka ini juga ditemukan dalam keadaan selamat. Sementara korban atas nama Aru Wibowo hingga kini belum ditemukan.

Sementara itu, Kepala Desa, Ngaibor Reinhard Gardjalay kepada wartawan mengaku, sekitar pukul 06.00 WIT, Andarias Soyem menemukan korban diatas pasir di Pantai Desa Ngaibor, korban dalam kondisi lemas dan di bawa ke rumah Andarias yang merupakan Kaur Pembangunan Desa tersebut.

“Jadi saudara Andarias Soyem yang merupakan Kaur Pembangunan temukan korban sudah di pantai, korban terombang ambing selama tiga hari tiga malam, korban dalam kondisi lemas,” ungkap Reinhard.

Dijelaskan, setelah korban dibawa ke rumah dan diberikan makan dan minum, kondisi korban sudah agak membaik dan akan di bawa ke Puskesmas setempat. Selain itu korban juga nantinya akan di jemput oleh tim SAR untuk dievakuasi ke Dobo Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru di Dobo.

Untuk diketahui pencarian korban hilang untuk hari ini, tim pencari yang merupakan gabungan dari Basarnas, Polres Aru, Lanal Aru, BPBD serta Dishub Aru mengerahkan lima armada dan pencarian itu melalui laut dan udara.

Di udara sendiri tim menggunakan pesawat cesna 235 milik TNI AL, sementara 4 armada laut yang ikut melakukan pencarian adalah,  KM Penambulai, KM Banawa, KM Karawaira, KN 04 UPP. Pencarian ini dibagi menjadi empat group. Titik pencarian yang dilakukan dimulai dari titik koordinat Lat: 6° 23′ 31.92″ S dan Lon: 133° 54′ 53.99″ E dan sekitarnya.(S-25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *