AMBON, Siwalimanews – Upacara peringatan HUT RI ke- 75 di Maluku dirayakan secara sederhana namun penuh hikmah dengan menerapkan protokol ke­sehatan, yang dipusatkan di Lapa­ngan Merdeka, Senin (17/8).

Perayaan kali ini dirasakan ber­beda, karena dirayakan ditengah pandemi Covid-19. Dimana jumlah peserta upacara dibatasi, tidak ada masyarakat yang diperbolehkan be­rada di sekitar lapangan upa­cara bahkan, jumlah tamu unda­ngan pun sangat terbatas.

Pantauan Siwalima, upacara di­mulai pukul 10.00 WIT, diawali dengan pasukan upacara mema­suki lapangan yang dipimpin oleh komandan upacara, Letkol Inf. David Sutrisno Sirait (Danyonif 733 Raider) dilanjutkan dengan per­siapan pengibaran bendera Merah Putih.

Tiga alumni Paskibra tahun 2019 dipercayakan untuk menjadi pasukan pengibar bendera pada HUT RI ke 75  yakni, Petrus A de Kock (eks SMAN 4 Ambon), Siti N Marasabessy (eks MAN Ambon) dan Evangelio Siahaya (eks SMKN 6 Ambon).

Gubernur Maluku, Murad Ismail bertindak sebagai Inspektur Upacara memimpin pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya.

Baca Juga: Pemerintah Andalkan Beras Cadangan Antisipasi Kekeringan

Setelah bendera Merah Putih berkibar, dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Maluku, Lucky Watimurry dan doa dibacakan oleh Kakanwil Kementerian Agama Djamaludin Bugis.

Disela-sela upacara gubernur menyerahkan secara simbolis remisi 2 bulan kepada para narapidana klas IIA Ambon.

Gubernur kepada wartawan usai perayaan mengatakan, ditengah peringatan HUT Proklamasi RI dan pada tanggal 19 Agustus nanti peringatan HUT Provinsi Maluku juga ke- 75. Dia  meminta dukungan masyarakat atas kepemimpinannya.

“Dengan bertambah usia negara ini dan Provinsi Maluku, saya minta dukungan kepada seluruh masyarakat. Dukung saya dan saya adalah mentornya, agar bisa membawa Maluku keluar dari kemiskinan,” harap gubernur.

Hadir pada peringatan HUT ke 75 selain gubernur beserta istri, hadir juga Wakil Gubernur Barnabas Orno beserta istri, Kapolda Maluku Djafar Baharudin, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, Kajati Maluku Rorogo Sega, Kepala Pengadilan Tinggi Zainuddin, Danlantamal IX Ambon, Laksma Eko Jokowiyono, Danlanud Pattimura, Kolonel Pnb Sapuan, Kepala Bakamla Zona Maritim Timur Laksma, Arief Sumartono, Komandan Guspurla Koarmada III Laksma R. Aviantara, Kabasarnas Ambon, Djunaidi dan Sekda Maluku Kasrul Selang, sejumlah pejabat tinggi Maluku serta Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku dan Walikota, Richard Louhenapessy  dan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler

Penurunan Bendera

Sementara pada sore hari, sekitar pukul 18.00 WIT, upacara penuturan Bendera Merah Putih dilaksanakan.

Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno sedangkan ko­-man­dan upacara AKBP Saminata (Wadir Sahbara Polda Maluku).

Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Wakil Walikota Ambon Syarief Hadler, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema, Wakapolda Maluku Brigjen Polisi Jan Leonard de Fretes, Pembantu Rektor II  Unpatti Jantje Tjiptabudi, Wakajati Maluku Undang Mugopal, jajajaran OJK dan tamu lainnya. (S-39)