AMBON, Siwalimanews – Meski Kota Ambon dilanda Hujan serta angin. Namun, perayaan hari ulang tahun (HUT) ke 446 tetap berjalan dengan penuh khimat, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (7/9).

Pelaksanaan HUT tahun ini masih sama dengan tahun kemarin dimana peserta yang mengikuti kegiatan dibatasi guna mencegah timbulnya klaster baru. Mengingat sampai dengan saat ini Kota Ambon, masih diterpa virus Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan ini, tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Serta dihadiri oleh beberapa tamu penting seperti ketua Apeksi yakni Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, dan beberapa tamu undangan lainnya, bersama dengan Gubernur Maluku, Murad Ismail yang mengikuti secara daring.

Tidak satupun masyarakat yang menyaksikan upacara secara langsung di Lapmer. Bukan hanya karena Covid-19, tapi kondisi alam yang tidak bersahabat.

Tarian adat cakalele warnai upacara ini. Sambil bawah bendera berlogo Pemerintah Kota dengan tarian, puluhan penari keluar dari Lapmer dan menuju Kantor Balaikota.

Baca Juga: Maspaitella: Bersyukur GPM Terus Bertumbuh Sampai Sekarang

Seluruh kegiatan yang dicanangkan Pemkot Ambon dalam upacara HUT Kota Ambon tahun ini, semua berlangsung aman dan lancar, dengan terapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, perayaan HUT tahun ini berbeda dengan tahun sebelum merebak Covid-19.

Kata Richard, HUT Ambon kali ini dengan tema “Ambon Tangguh”. Ini bukan sekedar tema, tapi bentuk dari semangat dan komitmen untuk memajukan Kota Ambon.

“Tangguh itu juga punya arti susah dikalahkan dan sangat kuat sekali. Ingat jangan kalah dengan keadaan sekarang. Mari selalu maju,”

Selain itu, Walikota dua periode ini berharap masyarakat bisa mengambil peran penting dalam memutus mata rantai Covid-19. Sehingga Ambon bebas Covid-19.

“Yang membuat kita berdiri sampai disinih, itu karena rakyat Kota yang hebat. Maka dari itu, mari sama gandeng tangan selesaikan semua masalah yang terjadi,” imbuhnya.

Selain dirinya, Walikota Bogor yang turut hadir juga memberi sambutan. Dirinya bersyukur karena dapat diundang dalam momentum perayaan besar bagi warga kota ini.

“Menjadi kehormatan bagi saya bisa hadir di momen istimewa ini. Pa Richard pada APEKSI sangat berkontribusi selama beliau menjabat Walikota. Ini kali kedua saya ke Ambon dan setiap datang, Ambon terlihat lebih maju,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dirinya juga memberi apresiasi kepda pemerintah yang sampi dengan saat ini melalui regulasi yang dikeluarkan mampu mengendalikan laju naiknya angka terpapar di kota ini.

“Bersyukur atas keberhasilan, bahwa Ambon hari ini relatif bisa mengendalikan Covid-19. Ini karena ada kerjasama dan kolaborasi serta sinergitas dari provinsi maupun Kota Ambon. Semoga kondisi ini semakin membaik,” harapnya. S-52)