MASOHI, Siwalimanews – Masyarakat Negeri Wailulu, Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah komitmen mendukung proses pemilihan kepala pemerintahan negeri (KPN) tersebut , yang saat ini dalam proses persiapan pengusulan mata rumah parentah.

Sekretaris Negeri Wailulu Ramly Makatita mengatakan, masyarakat negeri ini telah berkomitmen untuk mendukung proses pemilihan KPN.

“Kami berkomitmen mendukung terlaksananya seluruh proses demokrasi pemilihan KPN Wailulu. Kami pahami benar bahwa tanpa dukungan masyarakat segala proses pembangunan pelayanan serta semua tugas-tugas pemerintahan pasti tidak akan berjalan dengan baik, olehnya kami berkomitmen mendukung kelancaran proses pemilihan KPN hingga selesai,” ucapnya.

Menurutnya, dukungan masyarakat sangat penting, sekaligus sebagai bentuk dari kesadaran bersama untuk menjaga situasi ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas).

“Jika masyarakat tidak berikan dukungan, maka tidak hanya menganggu lancarnya proses pemilihan, namun juga akan menganggu kondusifitas masyarakat. Bisa saja terjadi gejolak dan gangguan keamanan. Olehnya kami pastikan mendukung sepenuhnya proses pemilihan KPN Wailulu,” tuturnya.

Baca Juga: Janji Berikan Kapal dan Jaring Bagi Nelayan

Ditambahkan, Negeri Wailulu telah mengalami kekosongan jabatan KPN, sehingga negeri ini masih dipimpin seorang penjabat. Olehnya masyarakat sangat mengharapkan hadirnya Kepala Pemerintah Negeri atau raja devinitif.

“Sudah cukup lama, negeri ini tidak memiliki seorang pemimpin devinitif, hal ini tentu juga berdampak pada berbagai masalah kemasyarakatan serta adat istiadat di Wailulu, sehingga demi mewujudkan harapan masyarakat untuk memiliki KPN devinitif, maka tidak ada alasan untuk semua komponen masyarakat berikan dukungan untuk mensukseskan semua proses pemilihan yang sementara berjalan saat ini,” tandasnya. (S-36)