TIAKUR, Siwalimanews – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya Jecky Untajana mengaku saat ini, kabupaten brtajuk bumi kalwedo ini telah memiliki perupustakaan digital.

“Kita sekarang telah miliki perpustkaan digital, yang mana kita bisa mengaksesnya untuk mendapatkan seluruh jenis buku yang diinginkan. Namun sebelumnya, harus melalui mekanisme, mulai dari mendaftar untuk jadi anggota, sehingga bisa masuk akses untuk mendapatkan buku secara digital,” jelas Untajana kepada Siwalimanews, di ruang kerjanya, Senin (28/8).

Selain itu kata Untajana, pihaknya juga sudah miliki pojok baca digital atau yang dikenal dengan Pocadi  yang terletak di Kantor Perpustakaan. Pojok baca ini juga sudah disosialisasikan di seluruh sekolah dan kampus maupun warga MBD yang menginginkan buku-buku tertentu untuk memperolehnya disini dengan mengaksesnya.

Guna meningkatkan minat baca warga MBD, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah rutin melakukan sosialisasi tentang peran perpustakaan. Bahkan tahun ini, sosialisasi peran perpusatkaan baik di sekolah, desa maupun di kecamatan gencar dilakukan.

“Program kita tahun ini lakukan sosialisasi peran perpustakaan, baik di sekolah, di desa dan kecamatan tentang bagaimana tugas dan peran fungsi perpustakaan bisa dilaksanakan secara baik,” tandas Untajana.

Baca Juga: Belum Tetapkan Anggaran Pilkada, Pemprov Dikecam

Selain rutin melakukan sosialisasi guna meningkatkan minat baca kata Untajana, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah.

Walaupun demikian ia mengaku, kalau perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana, baik ketersedian buku maupun alat peralatan penunjangnya, termasuk juga tenaga teknis pengelola dan pustakawan.

“Ini juga yang akan kita siapkan. Kami juga akan menjalankan atau menerapkan sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (SRIKANDI) yang merupakan program nasional yang memang harus dilaksanakan,” cetusnya.(Mg-2)