AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, maka Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pendidikan, melaunching aplikasi sistem akuntabilitas kinerja sekolah (Sankis), Kamis (1/12).

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena pada kesmepatan itu memberikan apresiasi kepada Kadis Pendidikan dan jajarannya atas inisiatif dalam menciptakan inovasi dimaksud.

Sistem ini, bertujuan untuk meningkatkan kinerja seluruh sekolah di Kota Ambon, baik tingkat SD maupun SMP pada seluruh aspek, untuk menghasilkan keberhasilan suatu pelaksanaan tugas, ada kata akuntabilitas dan pertanggung jawaban.

“Kita akan dinilai apakah kita kerja dengan baik atau tidak, dan apakah kita bekerja sesuai dengan aturan atau tidak. Jadi fungsi akuntabilitas adalah menilai kinerja kita dan mempertanggung jawabkan apa yang kita buat,” ucap walikota dalam smabutannya saat launching aplikasi itu.

Untuk itu, walikota berharap, satuan pendidikan dapat menggunakan layanan ini, sehingga manfaat yang ditebarkan dalam aplikasi ini dapat semakin luas jangkauannya dan menyentuh seluruh satuan pendidikan.

Baca Juga: Tim PKM UKIM Latih Pemuda Niniari Pakai Aplikasi Perkantoran

“Dengan ini pula, setiap pertanggung jawaban yang kita buat, akan menghasilkan baik dan buruknya. Artinya, kalau kinerja kita baik, ketika dilakukan evaluasi bagus pasti akan baik. Tapi kalau tugas yang diberikan dan kerja tidak baik, maka tidak benar pula ketika dievaluasi hasilnya akan buruk,”ujarnya.

Untuk itu kata walikota, aplikasi ini tepat, untuk menentukan baik buruknya kinerja masing-masing sekolah. Pemkot, tentu menginginkan sistem berjalan baik. Yang mana, pengelolahnya juga harus jujur, maka kualitas pendidiknya di kota ini akan semakin baik.

“karena sistem yang dibuat itu hanya alat, sehingga yang memegang peran penting adalah kita manusia, pemimpinya, kalau kita bekerja dengan baik data yang kita masukkan pasti baik, demikian sebaiknya,” cetusnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Kota Ambon Fredy Tasso menambahkan, sejauh ini, terdapat 10 sekolah di Kota Ambon yang telah menguji coba aplikasi tersebut dan hasilnya, masih ada masukan-masukan yang nantinya akan dilihat untuk sinkronkan.

Melalui aplikasi ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan perencanaan berbasis data bagi sekolah, karena perencanaan merupakan tahapan awal dalam sebuah sistem manajemen, jadi diharapkan dapat memberikan kemudahan  dalam penyusunan laporan kinerja sekolah. (S-25)