AMBON, Siwalimanews – Sahat Marthin Philip Sinurat dan Alan Christian Singkali terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) masa bakti 2023 -2026.

Sinurat berhasil mengumpulkan 169 suara, mengungguli Willem Wandik dengan 65 suara dan Dickson Siringo Ringo dengan 42 suara, sementara Indra Radjaguguk­guk 1 suara dalam Kongres XII GAMKI di Gereja Maranatha, Jumat (19/5)

Pantauan Siwalima, dalam kongres itu dihadiri 278 Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Cabang yang memiliki hak suara, yang hadir mengikuti pemilihan hanya 276.

Sesuai ketentuan, balon ketum harus didukung minimal 15 per­-sen dari suara sah sehingga ter­-sisa Sahat, Willem dan Dikson.

Dalam proses itu juga Ketua Umum DPP GAMKI masa bakti 2019-2022 Willem Wandik dan Ketua Bidang Organiasi dan Keanggotaan DPP GAMKI masa bakti 2016-2019 Dickson Siringo Ringo mengundurkan diri.

Baca Juga: Empat Hari Penembak Misterius Belum Diungkap, Dewan Panggil Polisi

Sahat Sinurat akhirnya terpilih sebagai Ketum DPP GAMKI masa bakti 2023- 2026.

Sesi pemilihan ketum dipimpin oleh majelis ketua, terdiri dari Winda Natalia (DPD GAMKI Provinsi Kalimantan Tengah), Fery S Sihite (DPC GAMKI Kota Medan), Nelius Awake (DPC GAMKI Kabupaten Mamberamo Raya), Poltak Maruli Silaban (DPP GAMKI masa bakti 2019 -2022) dan Ringkot Sihotang (DPC GAMKI Kabupaten Humbang Hasundutan).

Jika sesuai jadwal sesi pemilihan tersebut sudah dapat berlangsung Kamis (18/5) pukul  namun tertunda. Sesi pemilihan bakal calon Ketua Umum GAMKI baru terlaksana Jumat (19/5) pukul 03.00 WIT, setelah para peserta menyelesaikan rangkaian persidangan yang berjalan alot.

Saat pemilihan balon Sekum, para peserta Kongres mengusulkan nama Alan Christian Singkali (Ketua Bidang Organiasi dan Keanggotaan DPP GAMKI, dan Ruben Frangky Darwin Oratmangun (Ketua Bidang Diplomasi dan Kerjasa­ma Internasional DPP GAMKI.

Namun setelah keduanya bermufakat, maka Alan Christian Singkali terpilih sebagai Sekum GAMKI. (S-10)