AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon akhirnya memiliki rumah kemasan yang diperuntukan bagi para pelaku UMKM di kota ini, setelah Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena meresmikan rumah kemsan di Desa Passo, Kecamatan Baguala, Rabu (1/2).

Walikota saat peresmian mengatakan, secara fisik bangunan rumah kemasan ini telah ada sejak tahun 2021 lalu, namun baru dapat diresmikan di tahun ini, karena terkendala jaringan listrik dan air bersih yang belum tersedia saat itu.

“Program ini menggunakan dana DAK dari Kementrian Peridustrian, sehingga setelah selesai dibangun tahun 2021 lalu, Pemkot Ambon yang harus memfasilitasi soal air dan listrik, dan itu baru bisa dilakukan saat ini,” ungkap walikota.

Rumah kemasan ini kata walikota, dilengkapi sarana dan pra sarana, seperti percetakan kemasan yang lengkap dengan disain grafisnya, dan tenaga operator mesin yang terlatih. Untuk itu diharapkan, dengan adanya rumah kemasan Kota Ambon ini, akan memberikan layanan kepastian, terutama bagi pelaku UMKM.

“Dengan ini, saya berharap, Dinas Perindustrian dan Perdagang Kota Ambon dapat lebih maksimal dalam memfasilitasi para UMKM di Kota Ambon. Datanya ada sekitar 1.500 UMKM dan IKM yang harapannya, mereka tetap bisa bertahan disemua tantangan perekonomian saat ini,” harap walikota.

Baca Juga: Polres Tanimbar Sosialisasi Layanan Pengaduan Polri

Pada kesempatan itu walikota juga minta, agar rumah kemasan tersebut dapat dijaga dan dimanfaatkan sesuai peruntuhkannya, agar bermanfaat dan dapat mensejahterakan para pelaku UMKM di Kota Ambon. (S-25)